PENGARUH DISCOVERY LEARNING MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI RAMPAH

Authors

  • Kaderi SD NEGERI Rampah
  • Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah

Keywords:

Discovery Learning, Student Learning Outcomes, SD Negeri Rampah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Model Discovery Learning berbantuan media pembelajaran dan terdapat perbedaan antara model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional mengenai sikap dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam penelitian ini model Discovery Learning berbantuan media pembelajaran lebih baik dibandingkan model pembelajaran IPA konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik pengumpulan menggunakan Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran  Discovery Learning berbasis multimedia mengenai hasil belajar matematika termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 90 Hasil penelitian yang dilakukan pada saat pretest memperoleh nilai tuntas sebanyak 17 siswa (30%). ) sedangkan yang memperoleh nilai tuntas 37 siswa (76%) tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 40. Pada posttest siklus I, siswa yang memperoleh nilai tuntas meningkat menjadi 13 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 13 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 13 siswa (46%) yang mendapat nilai tidak tuntas sebanyak 32 siswa (64%) dengan rata-rata hasil belajar 73,17. Pada posttest siklus II hasil belajar siswa yang tuntas meningkat menjadi 38 siswa (82%) dan yang mendapat nilai tidak tuntas sebanyak 6 siswa (18%) dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90.

References

Djamarah, SB. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriyanti, GAAA., Dewi, NKCL., & Dewi, IGAAIRC. (2018). Using self -assessment to assess rural young learners’ writing skills in English foreign language classroom. Journal Of Applied Studies In Language, 2(2), 109-115.

Hakiki, M., & Hidayati, L. (2017). Is Learning English at an Earlier Age Better for Indonesians?.EnJourMe (English Journal Of Merdeka) : Culture, Language, And Teaching Of English, 2(1), 18 -27. doi:10.26905/enjourme.v2i1.570

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.https://books.google.c

o.id/books?id=GB3IBAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=falsehttps://www.researchgate.net/publication/324029673_PENELITIAN_TINDAKAN_KELAS_APA_DAN_BAGAIMANA_MELAKSANAKANNYA.

Huda, M. (2013). Cooperative Learning Metode, Teknik Struktur dan Model Penerapan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Ihsan, F. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kpolovie, PJ., Joe, AI., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education. 1(11), 73-100.

Lastari, NKH. & Saraswati, PRTAKH. (2018). The use of mind mapping to improve writing skill of the eighth grade students of junior high school. Journal Of Applied Studies In Language, 2(2), 144-150.

Moleong, LJ. (2013). Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nixon Rhonda, Stephen Kammis, Robbin Mc. Taggart. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore Heidelberg New York:

Dochrccdht London.Pajares, P. (2002). Self-efficacy Belief In Academic Contexts: An Outline. Diakses tanggal 22 Maret 2011 dari http://des.emory.edu/mfp/efftalk.html.

Rachmawati, D., & Putri, W. (2019). The Use of English Language Learning Strategy Viewed from Intrinsic Motivation and Learning Style.EnJourMe (English Journal Of Merdeka): Culture, Language, And Teaching Of English, 2(2), 112-120. doi:10.26905/enjourme.v2i2.2361

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Kaderi, K., & Hidayat, H. (2024). PENGARUH DISCOVERY LEARNING MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI RAMPAH. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(1), 98–102. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3461