PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BEUSA BAROH, ACEH TIMUR

Authors

  • Erlinda SD Negeri Beusa Baroh
  • Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah

Keywords:

The Effect Of The Take And Give Type , Cooperative Learning Model , Student Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SD Negeri  Beusa Baroh, Aceh Timur tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan rancangan one group pretest–postest design yaitu desain penelitian yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri  Beusa Baroh, Aceh yang berjumlah 54 siswa sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa  yang berjumlah 25 orang. peneliti menggunakan simple random sampling yaitu sistem undian dengan maksud agar setiap kelas mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi anggota sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi serta metode wawancara sebagai metode pelengkap sedangkan analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian adalah sebesar 6,3 dan setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada d.f 24 dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,064. Berdasarkan hasil tersebut, maka thitung > ttabel (6,3>1,064) ini membuktikan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi: Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SD Negeri  Beusa Baroh, Aceh Timur tahun pelajaran 2021/2022.

References

Fathoni, Abdurrahmat.2006. Metodologi Penelitian &Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, dkk.2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Henry. 2007 http://www.gurukelas.com/2011/09/prinsip-belajar.html diakses tanggal 02 agustus 2014 pukul 16:40).

Http://Poyoth- P.Blogspot.Com/2012/11/Model -Pembelajaran-Take-And- Give.Html diakses tanggal 02juni 2014 pukul 05.12.Http://Syariftugas.Blogspot.Com/2011/

/Adapun-Kelebihandan- Kekurangan-Dari.Html diakses tanggal 09 Juni 2014 pukul

:19.Iskandar,

Zainun. 2005. Metode Penelitian Bimbingan. Banjarmasin: Program Studi Bimbingan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Rusmawati, Dede. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Kooperatif tipe Take and Give dengan tipe Make a Match pada sub Konsep Alat Ind

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Erlinda, E., & Hidayat, H. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BEUSA BAROH, ACEH TIMUR. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(1), 94–97. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3463