HUBUNGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DI KELUARGA DAN DI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA KATOLIK DAN PROTESTAS DI KOTA MEDAN

Authors

  • MEGALAS MARIA SITANGGANG FKIP Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i1.362

Keywords:

character building, learning achievemen

Abstract

This research is aimed to know the correlation of the Character Building in Family and School to the Child’s Learning Achievement at the Elementary School Based on the Catholics and Protestant Religion in the City of Medan. This is a correlation research using quantitative approach. The population used in this research are grades four and five pupils of the elementary school based on Catholic and Protestant religion in the city of Medan with the total of six hundred pupils. The sampling quota was used in sampling process. Datas in this research were obtained by using character building questionnaire in families and school. The analysis technique in this research is using Statistic Program For Social Science (SPSS) ver. 22. The result of the research showed that to build the character of the pupils in the families and school with its correlation to the learning achievement, the following should be considered: parents do not tell lies in front of their children, teachers should cut the students’ marks if they are late in collecting their assignments and punish them when they do not do their homework.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Araska.

Mubasyira, Mu’thia. 2016. Anda Adalah Guru. Bogor.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pallat, Julie 2007. Survival Manual. New York: Markono

Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung : Alfabeta.

Suyanto. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Kontruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter. Bandung : Alfabeta.

Agustiawati, Isni. 2014. Pengaruh Pola Asuh OrangTtua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26. Skripsi Pdf. Universitas Pendidikan Indonesia.

Anisah, Ani Siti. 2011. Pola Asuh Orangtua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 05 No.01 ISSN 1907-932 X.

Apriastuti, Dwi Anita. 2013. Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol. 4 No. 1.

Bakar, Abdoel Ts. 2011. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.

Basuki, Sunarno. 2016. Pembentukan Karakter melalui Modifikasi Permainan dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Multilateral. Vol. 15 No.2.

Hakim, Aceng Lukmanul. 2011. Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Prestasi Belajar Siswa KelaS I Sekolah Dasar di Kabupaten dan Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 17 No. 17.

Kurniasari, Netty Dyah. 2015. Pola Pembelajaran dan Pengasuhan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Madura. Jurnal Komunikasi. Vol. IX No. 02 ISSN 1978-4597.

Kurniawan, Machful Indra. 2015. Mendidik untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. Vol. 4 No. 2 ISSN 2089-3833.

Maemonah. 2012. Aspek-Aspek dalam Pendidikan Karakter. Forum Tabiyah. Vol. 10 No.1.

Mariam, Susila dan Rizki. 2017. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III. Jurnal Keperawatan. Vol. 8 No. 1 ISSN 2086-3071.

Misnatun. 2016. Pola Pembentukan Karakter Anak melalui Pendidikan Ramah Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5 No. 2.

Munawar, dan Izza Mayla. 2018. Implemantasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs AL-Islahiyah Bobosan Kandangan Kediri. Inovatif. Vol 4 No. 1 ISSN 2598-3172.

Nasehudin. 2015. Pembentukan Sikap Sosial melalui Komunikasi dalam Keluarga. Jurnal Edueksos. Vol IV No. 1.

Purwaningsih, Endang. 2010. Keluarga dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. Jurnal Sosiologi dan Humaniora. Vol. 1 No. 1.

Puspitasari, Euis. 2014. Pendekatan Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos. Vol. III No. 2.

Rakhmawati, Istina. 2015. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 6 No. 1.

Rantauwati, Henny Sri. 2014. Pengembangan Karakter Siswa SD melalui Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Guru “COPE†. No. 1.

Rusminingsih. 2014. Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Seminar Nasioanal. ISBN. 978-602-7561-89-2.

Sianipar, Godlif dan Nainggolan Candra. Implementasi Pendidikan Nilai Oleh Guru Berbasis Agama. Jurnal Studia Philosophica Theologica. Vol. 8 No. 1

Subianto,Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Edukasia : Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8 No. 2.

Daftar referensi dari Internet :

http://www.tribunnews.com/regional/2016/05/17/cubit-siswi-anak-polisi-guru-bantaeng-masuk-penjara. Diakses 23 April 2018. @20.00 WIB.

http://medan.siap.web.id/data-sekolah/data-daftar/ Diakses 10 Maret 2018. @ 16.10 WIB.

http://www.archdioceseofmedan.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=261&Itemid=230. Diakses 10 Maret 2018. @20. 10 WIB

Published

2019-04-30

How to Cite

SITANGGANG, M. M. (2019). HUBUNGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DI KELUARGA DAN DI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA KATOLIK DAN PROTESTAS DI KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 78–97. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i1.362