PENERAPAN MODEL CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 060866
Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition, Membaca Pemahaman, Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana pada 1 siklus terdiri atas 1 pembelajaran. Pada pelaksanaan penelitian siklus 1 meliputi siklus yang terdiri atas empat langkah, yakni: 1) perencanaan (planning), 2) aksi atau tindakan (acting), 3) observasi (observation), 4) refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti beserta guru berkolaborasi dalam merancang pembelajaran mulai dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menggunakan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks non fiksi. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 060866 pada pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum menerapkan model CIRC yang tergolong tinggi pada interval 100-80 sebanyak 8 orang, tergolong sedang pada interval 79-65 sebanyak 9 orang dan tergolong rendah pada interval 64-40 sebanyak 5 orang siswa dengan presentasi. Menurut hasil perhitungan, nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di SD Negeri 023891 adalah 72 yang termasuk dalam kategori baik.References
Aggraini, Y. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Fisika Kelas VII di MTS Islamiyah Ulu Danau, Industry and Higher Education.
Ahdinirwanto, R. W., Lestari and Ashari (2013) ‘Peningkatan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotition ( CIRC ) Pada SMP Negeri 4 Wadaslintang’, Radiasi, 3(2), pp. 178–181.
Almadiliana, Hadi Saputra, H. and Setiawan, H. (2021) ‘Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), pp. 57–65.
Awa, M. et al. (2020) ‘Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi know want to learn (KWL) pada siswa kelas V SD Inpres 15 Halmahera Barat’, Edukasi, 18(2), pp. 277–285. doi: 10.33387/Edu.
Budiani, N. A. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn’, Journal of Education Action Research, 3(3), p. 299. doi: 10.23887/jear.v3i3.19475.
Febriyanto, B. (2016) ‘Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman’, Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). doi: 10.31949/jcp.v2i2.763.
Gustariani (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Gejala Dan Ciri Ciri Gelombang Siswa Kelas XII Sman 9 Pekanbaru’, JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), p. 79. doi: 10.33578/pjr.v1i1.4373.
Halawa, N. (2020) ‘Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa’, Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 3(1), p. 27. doi: 10.26418/ekha.v2i2.32786.
Halimah, A. (2015) ‘Pengaruh metode sq3r terhadap kemampuan membaca pemahaman’, Auladuna, 2(2), pp. 201–220. Available at: http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/877.
Harianto, E. (2020) ‘Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), p. 7. Available at: https://jurnaldidaktika.org/.
Hasriyanti and Ramadhani, A. N. C. (2019) ‘The Influence of the Learning Model Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) on The Learning Outcomes of High School Students’, Jurnal LA GEOGRAFIA, 18(1), pp. 36–42.
Hernaeny, U. (2021) ‘Pengantar Statistika 1’, in Pengantar Statistika 1, pp. 34–35.
Hidajat, D., Susilowati, D. and Wijayanti, M. (2015) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition Terhadap Prestasi Belajar Matematika’, Jurnal Math Educator Nusantara, ISSN: 2459-97345, 1(2), pp. 195203.
Hidayah, N. (2015)‘Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar’,Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 2, pp. 33–49.
Indriyati, A. (2018) ‘Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Santa Maria Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018’, pp. 1–244. Available at: https://repository.usd.ac.id/17780/2/131224065_full.pdf.
Jenisa, K. and Lubis, A. (2016) ‘Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Tgb Smk Negeri 1 Lubuk Pakam’, Educational Building, 2(1), pp. 77–86. doi: 10.24114/eb.v2i1.3850.
Karimah, S. (2013) ‘Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Melatih Kemampuan’, Delta, 1(2), pp. 137–143.
Kusumawardani, S., Diyanti, R. and Santoso, G. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10’, Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ,1(23), pp. 140–151.
Maulana, P. and Akbar, A. (2017) ‘Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar’, Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora), 5(2), pp. 46–59. doi: 10.24815/pear.v7i2.14753.
Ni’matuzaroh and Prasetyaningrum, S. (2018) Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi.
Nolia, N. (2021) ‘Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Surat Resmi Kelas VI SD (The Cooperative Integrated Reading Composition [CIRC] Model to Increase The Student’s Learning Result in Bahasa I’, Sirok Bastra, 9(1), pp. 23–34. doi: 10.37671/sb.v9i1.281.
Nurul Inayah, U. et al. (2020) ‘Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia’, Prosiding Samasta, (1), pp. 1–6.
Pratiwi, N. I. (2017) ‘Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi’, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), p. 212.
Rosaliza, M. (2015) ‘Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif’, Jurnal Ilmu Budaya, pp. 71–79.
Subadiyono (2014) Pembelajaran Membaca, Pembelajaran Membaca. Available at:https://www.pdfdrive.com/pembelajaran-membaca-e48488297.html.
Tusfiana, I. A. and Tryanasari, D. (2020) ‘Kesulitan membaca pemahaman siswa SD’, Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, pp. 78–85.
Wahyuni, R. (2016) ‘Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional’, Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), pp. 37–43.
Wibowo, D. H. (2016) ‘Cooperative Integrated Reading Composition (Circ): Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Bacaan Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 21 (1), pp. 68–77. doi: 10.20885/psikologika.vol21.iss1.art7.
Windiasari, D. A., Wiarsih, C. and Febrianta, Y. (2021) ‘Kesulitan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Kelas Iva Sd Negeri 1 Karangnanas’, Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), p. 239. doi: 10.36841/pgsdunars.v9i1.1034.
Wulandari, I. R. (2017) ‘“Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV” Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Semarang, Semarang, 2017’.
Zakaria Ansori, Y. (2019) ‘Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), p. 112. Available at: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/1370/1250.