PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 174563 LUMBAN SEWA

Authors

  • Natali Pasaribu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ribka Kariani Sembiring FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Janson Silaban FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remgius Abi FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

model pembelajaran, hasil belajar, kemampuan numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperetaif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 174563 Lumbenasewa Tahun pembelajaran 2023/2024 yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel probability sampling yaitu simple Random Sampling dengan sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 59,74 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran STAD menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,45 kategori baik

References

Anggrieni. Putri. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Prosiding Seminar Proposal Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan. 472-481

Anggraini & Setianingsih 2022.Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar “Pendas” Vol. 8, No. 1

Baharuddin, Sukmawati & Wahyuni 2022. Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Operari Pecahan “Pedadogy” Vol.6, No. 2

Gagne. (2016) Teori Belajar Robert Mills Gagne Dan Penerapan Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEdu. Vol.4 No.3

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Puataka Ilmu Grup

Istrani. (2020). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada

Kemendikbud 2020. AKM Dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniasih & Sani. (2016). model pembelajaran.Jurnal Pendidikan. Vol.2 No.2, 22 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk meningkatkan Profesionalisme.

Mariamah, S,.Suciati, S & Hendrawan, H.(2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis kelamin. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 17-19

Mellinia, S., Ramadhani, E., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Datar Kelas Iv. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 980. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9015

Mulyani, I. (2019). Penerapan Model Belajar CTL Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi IPA di SDN Cijangkar 2. Jurnal Perseda, 2(2), 32-46.

Purwarsih, Ratni. Sari, Novi Rahma, Sopia 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mthematocal Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy. 05 (01): 66-67

Robert E Slavin. (2016). cooperatife learning. Book, 348.

Ruseffendi. (2013). Pengajaran Matematika Modern. Bandung. Tarsito

Sunal & Hans (2015). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terahdap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol. VII. No. 2, 12

Sumarni, E. T. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 4, 1309-1319.

Suprijono, Agus (2015). Coperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda. Vol.4. No. 1

Tim GLN. 2017. Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa “Jurnal Sinentik”. Vol.4, No. 2

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Pasaribu, N. ., Sembiring, R. K., Silaban, P. J., Abi, A. R. ., & Pinem, I. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 174563 LUMBAN SEWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 310–317. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3906

Issue

Section

Artikel