PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA PRAJA MUDA KARANA DI SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Santa Lusia Hasugian FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Hasil belajar, siswa

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III  Pada Tema Praja Muda Karana di UPT SD Negeri 068008 Damar, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik (X) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif  dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 29 siswa berdasarkan teknik sample random sampling. Data pendekatan saintifik di dapat dari angket yang disebarkan kepada siswa dan hasil belajar siswa di dapat dari nilai Pretest dan Posttest siswa pada tahun pembelajaran 2023/2024. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nlai rata-rata siswa kelas II Pretest sebesar 69,93 sedangkan nilai rata-rata Posttest sebesar 95,03. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan  sebesar 3,300 sedangkan  sebesar 2,045. Maka terbukti bahwa  Ho ditolak dan Ha diterima. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas III Pada Tema Praja Muda Karana.   Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa

References

Al ikhlas. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395-1406.

Ali, H. G. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 31-42.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11-28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137

Fauzan. (2019). Model Pembelajaran Dalam Berbagai Pendekatan. Besuki.

Lestari, T. E. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta. DEEPUBLISH

Musfiqon, Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo. Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Al ikhlas. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395-1406.

Ali, H. G. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 31-42.

Helmiati (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Husamah., Pantiwati, Y., Restian, A., Sumarsono, P. (2016). Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Hasugian, S. L., Sitepu, A. ., Lumban Gaol, R. ., Abi, A. R., & Pinem, I. (2024). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA PRAJA MUDA KARANA DI SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 243–254. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3914

Issue

Section

Artikel