PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZITATITION, INTELECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD NEGERI 067246 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Eva Lasmawarni Sagala FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Fiber Yun Almanda Ginting FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Fredrika Sipayung FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Juliana FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, SAVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectualy) terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan sampel purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI termasuk kedalam kategori baik dengan rata-rata 79,6 dan hasil uji normalitas 0,200 dengan hasil korelasi sebesar 0.838

References

Abrori, A. N., & Sumadi, C. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296-315.

Agustianti, S. (2020). Penerapan Model SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1596-1608.

Amalia, M., & Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1), 1-5.

Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1).

Anjasari, N. L., Mulyasari, E., & Hermawan, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 1-11.

Arikunto, (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asbar, R. F., Marta, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menggunakan Model Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 52-63.

Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269-279.

Djamarah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efendi, Rinja. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas bahan ajar tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap aktivitas belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Vol. 3, No. 4, pp. 1032-1035).

Gaol, T. H. L., Sinaga, R., Sitepu, A., Juliana, J., Mahulae, S., & Gaol, R. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Multi Fungsi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Medan. Journal on Education, 6(1), 4309-4317.

Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99.

Ikhsani, S. R., Tangawunisma, A., Sholeha, A., Divanka, P., & Setiabudi, D. I. (2023). Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 290-295.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nainggolan, R., Gaol, R. L., HS, D. W. S., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SD. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 646-655.

Prastowo. (2017). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Grub.

Prayekti, H., & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media CD Interaktif. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 23-29.

Rahmawati, R., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3), 4574-4581.

Rahmijati, E. (2023). Meningkatkan hasil belajar matematika materi persamaan dan fungsi kuadrat melalui penggunaan multimedia. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 161-176.

Ridho (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. Jurnal E-Dumath, 8(2), 118-128

Sarnoko. (2017). Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Lingkarantarnusa (Anggota IKAPI).

Shoimin, Aris. (2018). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sihaloho, R., Gaol, R. L., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1132-1143.

Slameto. (2017). Faktor-Faktor Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) berbantuan LKS terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3), 180-188.

Suri, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Nilai Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas VII SMA N 5 Kejuruan Muda. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prena Media Group.

Tyas, E. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Pada Siswa Kelas II SDN 1 Bolo. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 68-82.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Sagala, E. L., Ginting, F. Y. A., Lumban Gaol, R., Sipayung, R. F., & Juliana, J. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZITATITION, INTELECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD NEGERI 067246 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 230–242. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3915

Issue

Section

Artikel