PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Melyta Simbolon FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dyan Wulan Sari HS FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kurikulum Merdeka , Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrument angket Kurikulum merdeka sebanyak 27 pernyataan, instrument angket motivasi belajar sebanyak 25 pernyataan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik purposive sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dari pengaruh kurikulum merdeka termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 78,36 dengan hasil uji korelasi sebesar 0.613

References

Ahmad Zainuri, M. P. . (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka (M. P. . Dr. Sumarto (ed.)).

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111-117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Angraini. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 4(1), 30-35. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Annisa. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (M. S. Dr. Idi Jhidi, S.Pd. (ed.)). Yrama Widya, Margahayu permai kabupaten bandung 40218 Provinsi Jawa Barat.

Anwar, Z., & Jannah, R. (2023). Zainul Anwar, Raudlatul Jannah / Telaah Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SD/MI 151. Journal of Islamic Primary School, 1(3), 157-158.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta, Jakarta Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Blok B No.1-2.

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906-26912. http://repository.unpas.ac.id/64678/

Christiananda, F., Purwaningrum, N. S., & Rofisian, N. (2023). Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 1048-1053. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.1368

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377

Dilfa, A. H. (2023). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Merdeka (I. atika Putri (ed.)). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, Perumahan Puncak Joyo Agung Residence Kav. B11 Merjosari Kecamatan Lowokwara Kota malang 65144.

Slameto, D. (2016). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta Jakarta, Kompleks perkantoran mitra matram blok B no.1-2.

Sugiono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Wuwur. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Zainuri. (2023). Managemen Kurikulum Merdeka (M. P. . Dr. Sumarto (ed.)). Penerbit Buku Literasiologi, Kantor: Jl. Pemancar TVRI Tasik Malaya, Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Zainurrofiq, Samsuri, Rohmat, S., & Sodiki, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Ma.Mambaul Ulum Bata-Bata. Journal Creativity, 1(2), 96-102. https://doi.org/10.62288/creativity.v1i2.11

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Simbolon, M., Lumban Gaol, R., Simarmata, E. J., HS, D. W. S., & Pinem, I. (2024). PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 218–229. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3922

Issue

Section

Artikel