PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 067093 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Indah Laeni Lumbanbatu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Fiber Yun Almanda Ginting FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kontekstual, IPAS, Kemampuan berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 067093 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrument tes sebanyak 26 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik purposive sample. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 56,06. Dan hasil dari posttest tersebut memiliki peningkatan dari pretest yang diberikan sebelumnya  dengan nilai rata-rata siswa mencapai 80,03

References

Abdul (Ed.). (2021). METODE PJBL. CV. Aduna Abimata Jln. Jambal II No 49/A Pabean Udik Indramayu Jawa Barat.

AL-Tabany, T. I. B. (2014). mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual (D. T. T. T. Trianto (Ed.)). PRENADAMEDIA GROUP.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneilitian. Rineka Cipta, Jakarta Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Blok B No. 1-2.

Aunurrahman. (2014). belajar dan pembelajaran. Alfabeta, CV.

Dr. Kokom komalasari, M., P. (2020). pembelajaran kontekstual (N. F. Atif (Ed.)). PT Refika Adimata Jl. Mangger Girang No. 89, Bandung 40254.

Firdausi, B. W., Warsono, & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 3(4), 342. https://doi.org/10.24114/jgk.v3i4.15079

Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Program Keunggulan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 9-15. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i1.37

Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Mansur, A., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Bakar, A., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Baru, S., & Pekanbaru, K. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. 1(1), 66-77.

Sugiono, prof. D. (2016). metode penelitian pendidikan. Alfabeta,Bandung

Wahyudi, R. (Ed.). (2023). berpikir kritis kecakapan hidup di era digital.

Wira Suciono, M. P. (2021). Berpikir kritis (Kodri (Ed.)). CV.Aduna Abimata jln. Jambal II No49/A Pabean Udik Indramayu.

Zakiah, L. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (Ed.)). ERZATAMA KARYA ABADI Grand Kahuripan Cluster Patuha V Blok EG No. 16.

Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan . Conference Paper, April 2016.

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Lumbanbatu, I. L., Ginting, F. Y. A. ., Lumban Gaol, R. ., Sinaga, R. ., & Simarmata, E. J. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 067093 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 122–132. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3923

Issue

Section

Artikel