PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Six Martawati Manullang FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

perbandingan, Model pembelajaran inkuiri , model pembelajaran project base learning, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan membandingkan penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas IV. Model pembelajaran inkuiri pada kelas kontrol yaitu kelas IVB dengan jumlah 13 siswa, dan model pembelajaran project based learning diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas IVA dengan jumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experimental dan desain yang dipilih adalah Nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning lebih tinggi di banding dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran project based learning memiliki rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi yaitu berjumlah 81,23 dibanding siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri yang mempunyai jumlah rata-rata nilai posttest sebanyak 75,53. Kata Kunci: perbandingan, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran project based learning, hasil belajar

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Arikunto, P. D. S. (2020). Prosedur Penelitian.

Epi Supriyani Siregar, M. P. (2023). Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multimedia (M. P. Dr. Amiruddin (ed.)).

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 3(4), 342. https://doi.org/10.24114/jgk.v3i4.15079

Haile G, A. M. and E. A. (2023). No Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Skripsi Pendidikan, 4(1), 88-100.

Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1), 183-193. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Kartika Rizkinia Zela. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Studentteam Achievementdivision(Stad) Dengan Teamgame Tournament(Tgt) Padamata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Siswa Kelas Ix Smpn 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Teknik Informatika (Vol. 53, Issue 9).

Leli Halimah, M. P. (2022). Project Based Learning.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 066665 Medan Denai Tahun Ajaran. Journal on Education, 06(02), 12195-12202.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350-361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan.

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1), 127-145.

Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Sandiyansah, M. F. (2020). Analisis Mengenai Ciri-Ciri Belajar Siswa Sd Yang Memiliki Kemampuan Daya Ingat Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 71-74. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Wati, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(2), 76-82. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.3213

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Manullang, S. M., Lumban Gaol, R., Simarmata, E. J., Sinaga, R., & Pinem, I. (2024). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 167–178. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3925

Issue

Section

Artikel