PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV UPTD SDN 122358 SIANTAR MARTOBA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV UPTD SD N 122358 Siantar Martoba Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah desain true ekesperimental yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design metode true eksperimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal uraian berisi 5 soal yang valid dan reliabel. Hasil penelitian uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov Test Dengan berbantuan aplikasi SPSS dan uji homogenitas dengan menggunakan uji lavene serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,196 dan ttabel sebesar 2,408 dengan taraf signifikan 0,05. Maka hal ini dinyatakan bahwa hasil penenlitian menunjjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IV. Oleh katena itu, model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV UPTD SD N 122358 Siantar Martoba Tahun Pembelajaran 2023/2024.References
Aisy, M. R., & Ismah, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Materi Aljabar. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 85.
Astuti, Fitroh Puji, Destiniar Destiniar, and Yunika Lestaria Ningsih. "Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Statistika." Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 6.1 (2023): 34-43.
Arikunto, S. 2022. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Pt Rineka Cipta
Baharuddin. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Banowati, Eka Nanda, Alvita Rizki Maula, and Diana Ermawati. "Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9.21 (2023): 860-869
Elizabeth, Agustina, and Maria Magdalena Sigahitong. "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA." Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan Ipa Ikip Mataram 6.2 (2018): 66-76.
Fadlilah, C., & Siswono, T. Y. E. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Asimilasi (Assimilating) Dan Konvergen (Converging) Dalam Memecahkan Masalah Numerasi. Jurnal Mathedunesa, 11(2), 548–561.
Fathurrohman, Muhammad & Sulistyorini, 2023. Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta : Teras
Fathurrohman, Muhammad, 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Harefa, Edward, 2014, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003
Handayani, Anik, and Henny Dewi Koeswanti. "Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif." Jurnal basicedu 5.3 (2021): 1349-1355.
Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Journal On Education, 1(2), 503-508
Istarani, 2020, Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada
Kadir, Indriany A., et al. "Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segitiga." Jambura Journal of Mathematics Education 3.2 (2022): 128-138.
Kurniasih, Imas, Sani, Berlin, 2021, Ragam Pengembangan Model Pebelajaran, Jakarta: Kata Pena
Khairani, Annisa Laras, and Ismah Ismah. "Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa." Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2.1 (2016): 9-22.
Megarani, S., & Astuti, N. D. (2019). Penggunaan Metode Paikem Untuk Mmeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 6(2), 135-148.
Ngalimun, 2022 Strategi Dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Nuraini, Fivi. "Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD." E-Jurnal mitra pendidikan 1.4 (2017): 369-379.
Putri, Yelza Sonia, and Heffi Alberida. "Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman: " Biodik 8.2 (2022): 112-117.
Prayuda, M. S., Ginting, F. Y. A., & ... (2023). THE The Effect of Extensive Reading Strategy on Students’ Reading Comprehension at Smp Dharma Wanita In The Academic Year Of 2023/2024. Journal of English …. https://www.ejournal.unma.ac.id/index._php/jell/article/view/6581
Prayuda, M. S., Juliana, J., Ambarwati, N. F., & ... (2023). Students’ Writing Error in Parts of Speech: A Case Study of EFL Students. Jurnal Educatio FKIP …. https://www.ejournal.unma.ac.id/index._php/educatio/article/view/4419
Rukhmana, Trisna. "Pengaruh model Pembelajaran problem Based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII." Edu Research 3.2 (2022): 19-27.
Setiawan. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sitiowati, Y., Abi, A. R., Lumban Gaol, R., & Silaban, P. J. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Sd Negeri 173418 Pollung. Jurnal Education Fkip Unma, 6(2), 369–374.
Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan beripikir kreatif matematis siswa SMP. Journal On Education, 1(2), 503-508
Sulfemi, Wahyu Bagja. "Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan." Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan 5.1 (2019).
Sudjana. (2022). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sofyan, Herminarto, 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta:Uny Press
Septian, Ari, and Riki Rizkiandi. "Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa." Journal On Education, (Prisma 6.1 (2017)
Sinaga, Eka Widya Nurhayati, Asister Fernando Siagian, and Hetdy Sitio. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Swasta HKBP Tomuan." Innovative: Journal Of Social Science Research 4.1 (2024): 12030-12038.
Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono, 2022, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, CV
Sudijono, A. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Depok:Pt Rajagrafindo Persada .
Utomo, Tomi, Dwi Wahyuni, and Slamet Hariyadi. "Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013)." Jurnal Edukasi 1.1 (2014): 5-9.
Wulandari, Shinta, Misdalina Misdalina, and Tanzimah Tanzimah. "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memahami Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 33 Palembang." Journal on Education 6.1 (2023): 6155-6163