PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE

Authors

  • Indah Br Ginting FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ribka Kariani Sembiring FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Janson Silaban FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina Ambarwati FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kemampuan pemecahan Masalah, Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Wordwall

Abstract

Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memadai ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa guru harus kreatif dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest-design Jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe termasuk kategori baik dengan rata- rata 76,6

References

Arni, R. (2021). Penggunaan Games Edukasi Dengan Wordwall Solusi Pjj Yang Menyenangkan. Minasan, 978-623-92393-2-9, 10-19.

Asrati, S., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Smp. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 44-50.

Al Tabani,B.I.T, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual ; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tematik Integratif,2021, Jakarta:Prenadamedia Group

Baptiste (2003). Partnership, . Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from a Business School, 139-151Burns 2007. Memeriksa Kembali (Looking Back) Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Website Wolframalpha Pada Materi Integral Tak Tentu. Adiba: Journal of Education, 2(4), 461-468. https://www.wolframalpha.com.

Bocro dan Dapucto (2007) dalam Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). edugumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1-20.

Shoimin, Aris, 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013, 2022, Yogyakarta : ar-ruzz media

Sugiyono, metode penenlitian kuantitatif kualitatif, 2019, Bandung : Alfabeta

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125

Suyati, E. S. (2017). Problem Based Learning Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Di Sman 3 Palangkaraya. Anterior Jurnal, 16(2), 104-119. https://doi.org/10.33084/anterior.v16i2.42

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edukatif, 1(1), 18-27.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Ginting, I. B., Sembiring, R. K. ., Silaban, P. J., Ambarwati, N. F., & Sitepu, A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 186–195. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3928

Issue

Section

Artikel