PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA DI SD SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN

Authors

  • Irene Fristda Marpaung FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Imelda Sihombing FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina Ambarwati FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kemampuan Literasi Numerasi, Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Desain pembelajaran yang baik dengan fasilitas yang memadai di dukung kreatifitas guru akan membuat siswa lebih mudah mencapai target belajar. Untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa, guru hasrus professional dan kreatif dalam menggunakan model pembelajaran yang kreatif sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SD Swasta Free Methodist 1 Medan yang dilihat dari hasil uji minites. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest design Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VB yang berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematis siswa kelas V SD Swasta Free Methodist 1 Medan termasuk kategori baik dengan rata-rata 86,22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien koerlasi sebesar 0,758 artinya 0,758  0,381 artinya Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran discovery learing untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematis siswa pada materi pengolahan dan pengumpulan data. Dapat juga dilihat hasil pengujian uji-t dimana  yaitu 5,805  1,703  sehingga menyatakan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematis siswa kelas V pada materi pengolahan dan penyajian data di SD Swasta Free Methodist 1 Medan.

References

Agustin, A. A., Trisiana, A., & Prihastari, E. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Jenggrik 03 Sragen Tahun Ajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 18495-18502.

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Anik Dwi Nurmawati, Ana Fitrotun Nisa, Ahniasari Rosianawati, Budi Artopo, Riska Ashar Luthfia Erva, & Nizhomi, B. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2),1366-1372. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11832

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan),3(2019),352-360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Sihombing, P. A., Sihombing, I., Panjaitan, S. M., Matematika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 19.

Sudjana, (2022) Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono, (2016) Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Widiastuti, D., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. (2022). Pembelajaran berbasis literasi dan numerasi di kelas IV sekolah dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,2(02),248-257. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1606

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228-238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348

Zubainur, C. M., Jannah, R., Syahjuzar, S., & Veloo, A. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Menengah Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 148-170. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1893

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Marpaung, I. F., Sihombing, I., Abi, A. R., Ambarwati, N. F., & Pinem, I. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA DI SD SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 302–309. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3929

Issue

Section

Artikel