PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Nirolita F. Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina Ambarwati FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Refila Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading, Composition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And  Composition terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 067246 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini kelas V yang ada di SD Negeri 066650 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 61 siswa . Medan Kota yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mmengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 64,25 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And  Composition menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamai peningkatan dengan nilai rata-rata 80,5 kategori baik

References

Alfaini. (2011). Meringkas-Jurnal-Artike: free.html

Alfaini. (2011). Makalah-B-Indonesia-Ringkasan-dan-Abstrak-Kel-2Alpian, dkk. (2019).

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka cipta

Agustina. (2014). Pembelajaran Membaca: Teori dan Latihan”. Bahan Ajar. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSS UNP Babel.

Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Arends, Richard I. (2015). Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar) edisi ke VII, buku 2, Penerjemah Helly Prajitno Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bruce Joyce, Marsha Weil & Emily Calhoun. (2014). Model pembelajaran, (Penterjemah: Ateila, Mirza & Fawaid Achmad). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fathurohman. (2015). Model-model pembelajaran inofatif alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul (2015) Cooperative Learning Metode, Tekning, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Istarani. (2015). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media persada.

Istarani. (2015) Model Pembelajaran Inovatif. Media persada, 2019.

Taufin T., Erwin, E., & Khatimah, H. (2011). Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 62-70. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.15

Trianto. (2013) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka

Shoimin, Aris. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2019). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. PT Fajar Interpratam Mandiri

Trianto.(1019) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Prestasi Pustaka, 2010

Wijayanti, F. M. (2018). Pengaruh CIRC dan meringkas terhadap Kemammpuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 41(7), 46- 55

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Sinaga, N. F., Simarmata, E. J., Ambarwati, N. F., Sinaga, R. ., & Lumban Gaol, R. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 179–185. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3930

Issue

Section

Artikel