PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101837 SUKAMAKMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Elfa Yolanda Br Gurusinga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Juliana FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Fredrika Sipayung FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Janson Silaban FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model pembelajaran, pembelajaran problem solving, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 101837 Sukamakmur tahun pembelajaram 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 101837 Sukamakmur yang dilihat dari hasil nilai ulangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah metode eksperimen. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling total. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian ini melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 49,6. Hasil dari Posttest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pretest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 75,17 kategori baik

References

Ananda, Rusydi, dan Fitri Hayati. 2020. Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. diedit oleh M. Fadhli. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamaluddin, Ahdar. 2019. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Fathurrohman, Muhammad. 2023. Belajar dan Pembelajaran. Teras.

Gultom, Siti Rahma et al. 2023. “Efforts to Increase Student Learning Outcomes Through Application of The Problem Solving Learning Model on Theme 5 Weather For Class III Elementary School.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 6(1):223.

Hamalik, Oemar. 2022. KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Cetakan ke. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Julaeha, Siti, Mohamad Erihardiana. 2022. “model pembelajaran dan implementasi ham dalam perspektif pendidikan islam dan pendidikan nasional.” 4:133-44.

Lestari, Putri, dan Adeng Hudaya. 2018. “Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta.” Research and Development Journal of Education 5(1):45.

Marta, Rusdial. 2017. “Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan problem solving siswa sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):24-37.

Marzuki. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA.” 7(1).

Murni, Atma. 2019. “Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika 1(2):1-14.

Murtadio, Zainal Aqib dan Ali. 2022. KUMPULAN METODE PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF. Cetakan ke. diedit oleh C. Y. WIDYA. Bandung: PT SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA.

Nababan, Siti Aminah. 2019. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA.” 6(1):113-22.

Susanto, Ahmad. 2018. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taufan Asfar Irfan, Syarif Nur. 2018. Model Pembelajaran Problem Posing & Solving Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Tim CV Jej. diedit oleh H. Wijayanti. Jln. Bojong genteng Nomor 18, Kec. Bojong genteng Kab. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.

Utami, Ajeng Retno, Suhendri, Dian, Primaningkrum. 2019. “Hubungan Kreativitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa.”

Venny, Fitri et al. 2022. “Pengaruh Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4:1226-38.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Gurusinga, E. Y. B., Abi, A. R., Juliana, J., Sipayung, R. F., & Silaban, P. J. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101837 SUKAMAKMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 196–208. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3962

Issue

Section

Artikel