PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 101810 BIRU-BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Windi Sari Br Sembiring FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina Ambarwati FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dyan Wulan Sari HS FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model pembelajaran inkuiri , literasi sains, peningkatan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa Kelas V SD Negeri 101810 Biru-biru tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 101810 Biru-biru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah metode eksperimen. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling total. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti ini melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 45. Hasil dari Posttest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pretest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 78,6 kategori baik

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32

Arikunto, S. 2022. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi sains dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167-1174.

Eni Fariyatul, Nurdyansyah.2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fathurrohman, Muhammad & Suistyorini.2012. Belajar &Pemmbelajaran. yogyakarta Teras.

Ghaniem Fitri. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. SD Kelas V. Jakarta Selatan: Badan Standart, Kurikulum dan Sesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Halik, F., Tayeb, T., Baharuddin, B., & Ichiana, N. N. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial SMP. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 72.

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 2(1), 152-159.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Kelas, S., Smp, V., Muradi, J., Liuk, S., & Penuh, K. S. (2022). Preliminary Research Phase ),. 2(8), 2859-2868.

Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14-23.

Moh. Zaiful. Abdullah.2022. prestasi belajar. Batu: Literasi Nusantara.

Pardede, M. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi pokok gaya hidup modern siswa kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Religius, 1(1), 1-6

Sudijono, A. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Depok: Ptrajagrafindo Persada

Sudjana. 2022. Metoda Statistika. Bandung: Pt. Tarsito

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Sembiring, W. S. B., Ambarwati, N. F. ., Simarmata, E. J., Sinaga, R., & HS, D. W. S. (2024). PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 101810 BIRU-BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 161–166. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3964

Issue

Section

Artikel