PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 101810 BIRU-BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Model pembelajaran inkuiri , literasi sains, peningkatan hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa Kelas V SD Negeri 101810 Biru-biru tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 101810 Biru-biru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah metode eksperimen. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling total. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti ini melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 45. Hasil dari Posttest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pretest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 78,6 kategori baikReferences
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32
Arikunto, S. 2022. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi sains dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167-1174.
Eni Fariyatul, Nurdyansyah.2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Fathurrohman, Muhammad & Suistyorini.2012. Belajar &Pemmbelajaran. yogyakarta Teras.
Ghaniem Fitri. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. SD Kelas V. Jakarta Selatan: Badan Standart, Kurikulum dan Sesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Halik, F., Tayeb, T., Baharuddin, B., & Ichiana, N. N. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial SMP. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 72.
Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 2(1), 152-159.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Kelas, S., Smp, V., Muradi, J., Liuk, S., & Penuh, K. S. (2022). Preliminary Research Phase ),. 2(8), 2859-2868.
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14-23.
Moh. Zaiful. Abdullah.2022. prestasi belajar. Batu: Literasi Nusantara.
Pardede, M. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi pokok gaya hidup modern siswa kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Religius, 1(1), 1-6
Sudijono, A. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Depok: Ptrajagrafindo Persada
Sudjana. 2022. Metoda Statistika. Bandung: Pt. Tarsito
Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257