PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 155703 SIGOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Madianti Manalu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Fredrika Sipayung FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Juliana FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina Ambarwati FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

student facilitator and explaining , Model Pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 155703 Sigolang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa SD Negeri 155703 Sigolang yang terdiri 6 kelas dengan jumlah 164 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel non probability yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 59,46 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80 kategori baik.

References

Adhitya, Ika Febrian. (2022) Model Pembelajaran Kooperartif Tipe NHT Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jawa Timur: Tim Kun Fayakun

Ananda, Rusydi. (2020) Variabel Belajar Komplikasi Konsep. Medan:CV. Pusdikra Mitra Jaya

Aufa, Gustiani.(2023). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas 6 SD AI Washliyah 31 Pekan Labuhan. Journal Of Elementary Education, 7(2).

Ayu, M. S., Frima, A., Firduansyah, D., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 04 Srikaton. Journal Science Education, 1(2), 23–28.

Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.

Fathurohman. (2022). Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran.Yogyakarta:Teras.

Huda, Miftahul. (2023). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istarani.(2023). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: CV. ISCOM Medan

Kurniasih. (2020) Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif) CV Yrama Widya cetakan V

Lumban Gaol, B. K., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 767. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538

Mariatun, I. L., Hosniyah, A. A., & Rois, A. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3421. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Miftahul Huda. (2023). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Mustikasari, I., Supandi, S., & Damayani, A. T. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 307. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19455

Rusman.(2019). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan profesionalisme Guru.: Rusman Rajawali Pers

Shoimin (Ed.). (2023). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR- RUZZ MEDIA.

Simarmata, Y. E., Sinaga, R., Florentina, N., Pendidikan, S., Sekolah, G., Universitas, D., & Santo, K. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give. Ilimiah Aquinas, 07(1), 83–86.

Slameto. (2023). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta.Rineka Cipta

Suci Ayu Permata Sari. (2019). Pegaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di SD N 62 Kota Bengkulu

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenadamedia. Group

Tanjung, D. S., & Juliana, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(1), 37. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.27405

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Manalu, M., Sipayung, R. F., Pinem, I., Juliana, J., & Ambarwati, N. F. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 155703 SIGOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 293–301. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3965

Issue

Section

Artikel