PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Hasil Belajar, model pembelajaran, Model Pembelajaran Contextual Teaching and LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III di SD Negeri 066650 Meda Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas III SD Negeri 066650 Medan Kota yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel non probability yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 63,22 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamai peningkatan dengan nilai rata-rata 80,51 kategori baikReferences
Abdoratman. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang perlu diterapkan di sekolah dasar: quipper.com
Alpian, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index._php/basicedu : Vol.3, No.3
Aqib. (2023). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif) CV Yrama Widya
Arikunto. (2022). Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka cipta
Artini. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa SD Negeri 3 lemuk Singaraja Jurnal Of educational development
Babel. (2020). Model Pembelajaran Contextual teaching and Learning Jurnal Diklat Teknis Pendidikan
Bahrudin. (2021). Ibnu Badar Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Jefri Kencana DKU cetakan V
Brunner. (2022). Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional Sleman Yogyakarta
Davies. (2020) Ibnu Badar Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Jefri Kencana DKU cetakan V
Fathurohman. (2022). Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional Sleman Yogyakarta
Hasudungan. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada masa pandemi covid 19 jurnal dinamika
Happidin. (2019). Model-model media dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif) CV Yrama Widya cetakan V
Hermiwati. (2021). Ibnu Badar Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Jefri Kencana DKU cetakan V
Juniardi. (2023). model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang perlu diterapkan di sekolah dasar quipper.com
Kurniasih. (2021) Model-model media dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif) CV Yrama Widya cetakan V
Landrawan. (2021) Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Propesionalisme Guru: Rusman Rajawali Pers.
Made. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa SDN 3 Lemukih Singaraja: Educational Development Vol.3, No.3
Nofarof. (2020). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Masa Pandemi Covid 19: Jurnal Dinamika Vol.3, No.4
Nurlaelah. (2020). Model-model media dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif) CV Yrama Widya cetakan V
Priansa. (2023). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Bandung CV Pustaka Setia
Purwanto. (2019). eval_uasi Hasil Belajar (B. Santosa (Ed.). Pustaka Pelajar.
Setiawati. (2019). “Helper” Jurnal Bimbimgan dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31-46
Slameto. (2019). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta.Rineka Cipta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Alfabeta Bandung
Sumarno. (2020). Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar : Conference Series Vol.3 , No. 4
Susanto. (2022) Prosedur Penelitian: Suharsimi Arikunto. Bandung: PT Rineka Cipta
Syarif. (2013) Integrasi Kurikulum : Jurnal Pendidikan Guru. PT Cendekia
Rusman. (2019). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Propesionalisme Guru: Rusman Rajawali Pers.
Trianto. (2019). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. PT Fajar Interpratam Mandiri
Uno. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Junwinanto): PT Bumi Aksara
Yasnita, dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning: Dinamika Vol. 4, No.2