PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 101905 PASAR MELINTANG KECAMATAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Dosmaria Siahaan FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Make A Match, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 1019105 Pasar Melintang yang jumlahnya sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel non probality jenis purposive sampling dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 59,33 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe Make A Match menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,4 kategori baik

References

Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76-86.

Anggraeni A. A., Veryliana. P., Fatkhu I. R (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementary Education. 3 (2). 221

Arikunto (Ed.). (2020). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.

Faujiah, S., Afriza, A., & Andriani, T. (2023). Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 14-22

Fathurrohman (Ed.). (2022). Belajar & Pembelajaran. Penerbit Teras.

Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223

Januarti, F., Armariena, D. N., & Noviati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Sd Negeri …. 3, 7455-7463

Kencono, M. R., & Harjono, N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1190-1197

Lawolo, S. L., Siahaan, T. M., & Siagian, A. F. (2023). Pande nami jurnal. Pande Nami Jurnal (PNJ), 1, 185-191, 25 Februai 2024

Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 54, 03 Maret 2024

Miftahul Huda (Ed.). (2023). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873-2879

Shoimin (Ed.). (2023). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR- RUZZ MEDIA.

Sinaga, R. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 066665 Medan Denai Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal On Education. 06(02).12196

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono (Ed.). (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Susanto, A. (Ed.). (2022). Teori Belajar & Pembelajaran. Prenamedia Group. Rawamangun

Slameto (Ed.). (2023). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.

Rusman. (2019). Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Siahaan, D., Sinaga, R., Sitepu, A. ., Abi, A. R. ., & Pinem, I. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 101905 PASAR MELINTANG KECAMATAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 151–160. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3985

Issue

Section

Artikel