PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 101905 PASAR MELINTANG KECAMATAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Make A Match, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 1019105 Pasar Melintang yang jumlahnya sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel non probality jenis purposive sampling dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 59,33 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe Make A Match menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,4 kategori baikReferences
Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76-86.
Anggraeni A. A., Veryliana. P., Fatkhu I. R (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementary Education. 3 (2). 221
Arikunto (Ed.). (2020). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Faujiah, S., Afriza, A., & Andriani, T. (2023). Guru Profesional Sebagai Faktor Penentu Pendidikan Bermutu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 14-22
Fathurrohman (Ed.). (2022). Belajar & Pembelajaran. Penerbit Teras.
Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223
Januarti, F., Armariena, D. N., & Noviati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Sd Negeri …. 3, 7455-7463
Kencono, M. R., & Harjono, N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1190-1197
Lawolo, S. L., Siahaan, T. M., & Siagian, A. F. (2023). Pande nami jurnal. Pande Nami Jurnal (PNJ), 1, 185-191, 25 Februai 2024
Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 54, 03 Maret 2024
Miftahul Huda (Ed.). (2023). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873-2879
Shoimin (Ed.). (2023). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR- RUZZ MEDIA.
Sinaga, R. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 066665 Medan Denai Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal On Education. 06(02).12196
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono (Ed.). (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. ALFABETA.
Susanto, A. (Ed.). (2022). Teori Belajar & Pembelajaran. Prenamedia Group. Rawamangun
Slameto (Ed.). (2023). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.
Rusman. (2019). Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada