PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Anaria Daeli FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Regina Fredrika Sipayung FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irmina Pinem FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Janson Silaban FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model Problem Based Learning , PBL, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan desain penelitian menggunakan Pre Experimen tepatnya One Group Pretest Posttest Design, sampel penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 066650 Medan Kota yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan sampel yang dilakukan dalm penelitian ini adalah dengan cara Sample Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menggunakan nilai pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest lebih baik dari nilai pretest yaitu 89,4 dan 70,66

References

Adhi K., dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. BUDI UTOMO-Yogyakarta.

Afni, Nur. "Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 3. No. 4. 2020.

Arikunto, Suharsimi. (2022). Prosedur Penelitian. Bandung: PT.Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. (2019) Belajar dan Pembelajaran. CV. KAAFFAH LEARNING CENTER. Sulawesi Selatan

Hendra, Hendra. "Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III, IV dan V Sekolah Dasar." Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2.1 (2021): 129-140.

Ibnu, Trianto. 2021. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PRENAMEDIA GRUP.

Istrani, I (2019). Model Pembelajaran Inovatif. Clscom Medan

Kartini, Dewi, et al. "Relevansi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Keterampilan Pembelajaran Abad 21." Jurnal Pendidikan Tambusai 6.2 (2022): 9092-9099.

Kosiah & Septian. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ASSURE dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Inovasi Penelitian, 1: 1139-1147.

Kurniasah, Imas. 2023. Ragam Pengembangan Model Pembelajaraj. Depok: KATA PENA.

Kurniasah. (2023). Model Pembelajaran (Edisi Kedua). Kata Pena

Kusumastuti Adhi, dkk (2020), Metode Penelitian Kuantitatif. CV. BUDI UTAMA-Yogyakarta.

Priansa (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.3(16)

Purnama, Junika, et al. "Studi Literatur Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5.2 (2021): 272-277.

Regita, Ilda, and Abdul Hakim. “Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekilah Dasar Di Pare-pare” Journal Of Education pembelajaran Sekolah Dasar 3.2 (2023

Rusman. 2019. Model-model Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Slameto. 2023. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta.: PT Rineka Cipta

Sudjana.(2022). Metode Statistika Bandung: PT. Tarsinto

Sugiyono. (2020) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfaberta

Sugiyono. (2022) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfaberta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujana, Atp. 2020. Model-model Pembelajaran Inovatif. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, Wiratna. 2023. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Surajiyo, Nasruddin and Paleni, H. (2020) Penelitian Sumber Daya Manusia: Pengertian, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto (2019) Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group

Yelnosia, Rahma, and Taufina Taufik. "Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar." e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 8.3 (2020): 166-183.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Daeli, A., Sipayung, R. F., Pinem, I. ., Silaban, P. J., & Lumban Gaol, R. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 143–150. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3993

Issue

Section

Artikel