PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD UPTD SDN 11 PEKAN TOLAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Hasil Belajar,, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 11 Pekan Tolan. Metode penelitian ini adalah Eksperimen pre-eksperimental Design dengan memberikan pretest, posttest dan angket. Hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90,98 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw termasuk dalam kategori gagal dengan nilai rata-rata 45,95. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan uji t yaitu diperoleh nilai Thitung = 24,35 (dibulatkan) dan Ttabel = 2,05 (dibulatkan) maka nilai Thitung > Ttabel atau 24,35 > 2,05. Sehingga diterima H1 atau ada Pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD UPTD SDN 11 Pekan Tolan Tahun Pembelajaran 2023/2024.References
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43-54.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dudung, Agus. 2018. Penilaian Psikomotor. Depok : Karima.
Dwi, D. N. U. R., Dorisno, D., & Frasandy, R. N. (2023). Internalisasi nilai dalam pembelajaran Matematika untuk melatih profil pelajar pancasila peserta didik SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 28-36.
Fauziah, W. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Experiment Di Kelas III SDN Toblong 02) (Skripsi, FKIP UNPAS).
Hamalik, Oemar. 2019. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harianja, dkk (2022). Tipe-tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Medan: Yayasan Kita Menulis
Hariyanto, S &. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hulukati, E., & Pomalato, S. W. D. 2023. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Matematika. Gorontalo : Ideas Publishing.
Idrus, N. A., Usman, H., & Apriyanti, N. H. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Drta (Directed Reading Thinking Activity) Untuk Mrningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kota Makassar. Jurnal Inovasi Pedagogik dan Teknologi, 1(2), 30-38.
Istirani & Pulungan, I. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education. 4(2). 156.
Latif, N. S. 2020. Teori Belajar Behaviorisme. Jurnal Psikologi, March, 57.
Nabilla, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Skripsi, Fkip Unpas).
Noorlaila, Feida Isti’adah. 2020. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 42-46.
Nurjan, Syarifan (2016) PSIKOLOGI BELAJAR. Ponorogo: Grup Wade
Octavia, S. A. 2020. Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Purnomo, Agus., dkk. 2022. Pengantar Model Pembelajaran. Lombok : Yayasan Hamjah Diha.
Purwanto. 2016. eval_uasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Putra, A. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk sekolah dasar. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Rusman. 2012a. Belajar dam Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Berbicara Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012b. Model-Model Pembelajaran: Berbicara Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2018. Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sariani, Novita, et al. 2021. Belajar dan pembelajaran. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Septiana, D. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Whatsapp Grup Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Mi Muhammadiyah Semampir Kecamatan. Banjarnegara Kabupaten. Banjarnegara (Skripsi, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sigalingging, D., Sembiring, R. K., Sitepu, A., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV Di SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 749-766.
Sinaga, R., Repidawati, R., Heriyanti, S., Novita, E., Sinaga, R., & Jaiyah, J. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 066665 Medan Denai Tahun Ajaran 2023/2024. Journal on Education, 6(2), 12195-12202.
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixhed Methods). Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). 2021. Edited by Apri Nuryanto. Ke-3. Bandung: ALFABETA.
Sukarmini, N. N., Suharsono, D. N., & Sudarma, D. I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Manggis. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 7(2).
Sumiati & Asra. 2013. Metod Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Sunhaji, S. 2014. Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46.
Susanto, Ahmad. 2016. Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group
Syah, M. 2017. Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Persada
Tabun, Yohana Febriana, et al. 2022. Teori Pembelajaran. Pidie Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Tahar, Irzan., dan E. 2016. Hubungan Kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan RA, 7(2), 91–101.
Ulfah, U., & Arifudin, O. 2021. Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9.
Widodo, T., & Fauzi, M. R. (2022). Pembelajaran Pemahaman Matematika Pada Siswa Sd Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(2), 385-392.