PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Problem Based Learning, Learning outcomes, Bahasa Indonesia, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 30 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 32 siswa berdasarkan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pre Test dengan nilai rata-rata 44,68 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siwa mencapai 81,96 kategori baik sekali.References
Alfianiawati, T., Desyandri & Nasrul, (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1-10.
Amaludin. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Penerapan dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Tangerang Selatan: Pascal Books
Sugiarto. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA: Yayasan Lembaga Gumum Indonesia.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2022). Efektivitas Pengajaran Ekonomi Berbasis Problem BasedLearning: PT Indonesia Emas Group.
Suyanto, S. (2023). Inovasi dan Difusi Indovasi Pendidkan: Nas Media Pustaka.
Syamsidah & Suryani. (2017). Buku Model Problem Based Learning: CV Budi Utama
Tubagus, M. (2021). Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh Kajian Teoritis dan Inovasi: Nas Media Pustaka.
Wibowo, H. (2018). Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia: Putri Cipta Media.
Wicaksono, A. G. (2020). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya): Unisri Press
Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Jurnal of Education Technology, 2(2), 70.
Yustina & Mahadi, I. (2021). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking (Hots) melalui E-Learning: Lekeisha.