PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Jean Kristo Sembiring Sembrena FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Bogor Lumbanraja FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Heka Maya Sari BR Sembiring FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Juliana FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Problem Based Learning, Learning outcomes, Bahasa Indonesia, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 30 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 32 siswa berdasarkan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pre Test dengan nilai rata-rata 44,68 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siwa mencapai 81,96 kategori baik sekali.

References

Alfianiawati, T., Desyandri & Nasrul, (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1-10.

Amaludin. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Penerapan dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Tangerang Selatan: Pascal Books

Sugiarto. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA: Yayasan Lembaga Gumum Indonesia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2022). Efektivitas Pengajaran Ekonomi Berbasis Problem BasedLearning: PT Indonesia Emas Group.

Suyanto, S. (2023). Inovasi dan Difusi Indovasi Pendidkan: Nas Media Pustaka.

Syamsidah & Suryani. (2017). Buku Model Problem Based Learning: CV Budi Utama

Tubagus, M. (2021). Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh Kajian Teoritis dan Inovasi: Nas Media Pustaka.

Wibowo, H. (2018). Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia: Putri Cipta Media.

Wicaksono, A. G. (2020). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya): Unisri Press

Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Jurnal of Education Technology, 2(2), 70.

Yustina & Mahadi, I. (2021). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking (Hots) melalui E-Learning: Lekeisha.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Sembrena, J. K. S., Lumbanraja, B., Sembiring, H. M. S. B. ., Sinaga, R., & Juliana, J. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 7(2), 268–280. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4051

Issue

Section

Artikel