PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104243 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Tipe Talking Stick, Model Pembelajaran Kooperatif , Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 104243 Lubuk Pakam. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel non probality jenis purposive sampling dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan prestest dengan nilai rata-rata 59,93 kategori tidak baik. Setelah penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan terhadap posttest dengan nilai rata-rata 82,93 kategori baik. Tingkatan keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji korelasi yang diperoleh sebesar 0,644References
Agustina et al., Diana.Y.R., Aprilia.P.W., Sukadari., Adilia.D.R. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,7(5). https://jbasic.org/index._php/basicedu.
Agustinus.S.M., Maria.F.A., Finsensius.M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan,1(2). http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index._php/JPM
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Fathurrohman, dkk. (2022) Belajar dan pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Sleman Yogyakarta
Hadi. Sugiyono (2023) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta
Henry Susanto Sipayung. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD RK Serdang Murni Lubuk Pakam T.P 2018/2019
Hasrudin.F & Asrul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(2)
Iskandar, Sofyan, Rosmana PS, Farhatunisa G, Mayanti L, Aprilliya M, Gustavisiana TS. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Of Social Science Research. https://j-innovative.org/index._php/Innovative
Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan Media Persada
Miftahul (2023) Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yoyakarta. Pustaka Pelajar
Meirza Nanda Faradita. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar 2(1A). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). http://ejounal.unikama.ac.id/index._php//JBPD
Nasution, A. J., Br Siregar, N., Anandia, S., Nisa, K., & Handoyo, W. S. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN di MIS Fajar Shiddiq Kota Medan Marelan. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 180–189. https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.3163
Kemendikbud. Inggit Dyaning Wijayanti., Anita Ekantini (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajarn IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(02), 2102
Kurniasih, Imas. & Berlin Sani. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata pena
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627
Nugraha, S.A., Titik, S. Meidawati, S. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 270
Purwanto (Fathurrohman, dkk 2022) Belajar dan pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Sleman Yogyakarta
Shoimin, Aris. (2023). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jl.Anggrek No.126 Sambilegi. Ar-ruzz media.
Simarmata, EJ, Nuraini R, Dewi A. (2020) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SD Negeri 097375 Tiga Raja. Guru Kita 4(4) 36.
Sinaga,R. (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 066665 Medan Denai Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal on Education. 06(02).12196. http://Jonedu.org/index._php/joe
Sugiyono (2023) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Penerbit Alfabeta.
Susanto. Saragih,L.M., Darinda,S.T. Dewi.A. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended TerhadapHasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu. 5(4), 2647. https://jbasic.org/index._php/basicedu.
Slameto (2023) Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta
Syarif., Inggit Dyaning Wijayanti., Anita Ekantini (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajarn IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(02), 2102
Winataputra. Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).
Witherington (Suhana, 2009) STAD Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah. Ojs.Ikip-Saraswati.ac.id, 3. Jurnal Pendidikan Sejarah.
Wulandari. Rudi, N. B. (2021). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era New Normal. STKIP PGRI PACITAN, 9. Stkippacitan.ac.id