PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 101810 BIRU BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru yang terlihat dari hasil nilai ulangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru dari pengujian koefisien korelasi sebesar (0,669 ) > (0,369) maka disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima. Dilihat dari hasil pengujian uji t dimana ( 4,315) > (1,714 ) maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024.References
Ansori, L. I., Jaelani, A. K., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Dengan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 33-41.
Arikunto. (2020). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Aulia, N., Ngatman, & Chrysti, K. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmaiah Kependidikan, 12(3).
Aunurrahman. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Alfabeta.
Badawi, Nita Wijayanti, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl)Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas Iv Sdn 1 Sukamaju 1Badawi,.
Budiman, B. (2021). The Effect Of Contextual Learning (CTL) On Science Learning Outcomes For Fourth Grade Elementary School Students. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(1), 19-27.
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning). Journal Of Education Technology, 3(3), 196. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i3.21746
Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review: Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram,10(2), 118-135. Https://E-Journal.Undikma.Ac.Id/Index.Php/Jiim/Article/View/9144
Erlisnawati, Munjiatun, & Hamdayani, F. (2015). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 99 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V2i2.2806
Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Bosowa Journal Of Education, 1(1), 16-23. Https://Doi.Org/10.35965/Bje.V1i1.466
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. 10–44.
Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.
Gaol Lumban Rumiris, S. J. E. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 3(4), 342. https://doi.org/10.24114/jgk.v3i4.15079
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451-460.
Hartono, U., Amarullah, R. Q., & Mulyadi, E. (2022). Hakikat Belajar Menurut UNESCO Serta Relevansinya Pada Saat Ini. Khidmatussifa: Journal Of Islamic Studies, 1(2), 86-97. Https://Doi.Org/10.56146/Khidmatussifa.V1i2.65
Hasibuan, D. H. M. I. (2014). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Oleh. II(01), 1-12.
Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal Dinamika, 3(2), 112-126. Https://Doi.Org/10.18326/Dinamika.V3i2.112-126
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. Https://Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Bunayya/Article/View/4515
Hutagaol, E. K., & Suherman, U. M. (2024). Hubungan Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Puskesmas Mekarmukti Kabupaten Bekasi. 01(01), 39-43.
a12880cc9b9/Paper/P18311
Trianto. (N.D.). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,Dan Kontekstual (T. Tutik (Ed.); Dr. Tutik). Kencana.
Wardana, & Djamaluddin, A. (2021). Belajar Dan Pembelajaran (Dr. Ahdar). CV Kaaffah Learning Center.
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. Https://Doi.Org/10.30738/Natural.V5i1.2561
Yusni Arni, Pani Anista, Indah Anisatul Luthfia, Ruwanda Septiani, E. A. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar Negri 17 Makarti Jaya. Journal Of Education, 4(1), 1-23.
Yusri, A. Z. Dan D. (2020). Belajar Dan Pembelajaran Di Sd. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820.
Zulfa, K., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Pendahuluan Suatu Negara Dapat Dikatakan Maju Bisa Dilihat Dan Diukur Dari Tingginya Kualitas Sebuah Pendidikan Yang Ada Di Negara Tersebut . Dimana Suatu N. 101-111.