PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

(Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Ciporang)

Authors

  • Elis Riyani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kuningan
  • Marlina Eliyanti Simbolon Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kuningan
  • Aldi Nurhadiat Iskandar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kuningan

Keywords:

Hasil belajar , Model Project Based Learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Ciporang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah kelas VA 31 orang dan kelas VB sebanyak 32 orang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas, uji T, dan uji gain. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh thitung=2,1996 > ttabel= 1,9996 dan pada perhitungan gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata gain 0,64 denan kriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata gain 0,47 dengan kriteria sedang. Berdasarkan penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahawa terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Make a Match.

References

Afrian, Jaka (2015) Project Based Learning, Pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Aini, N., Maruti, E. S., & Widayanti, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROJECT

BASED LEARNING (PjBL). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4481- 4496.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Arifin, Zainal.2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Awaliyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167-176.

Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dakhi, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 468, May 2020.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Eliyanti, M. (2018). Pengembangan pembelajaran aktif menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (Pjbl) dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia di kelas rendah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).

Gunawan, dkk. (2018). Factor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik: Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vo.5. No. 1

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59-72.

Hartati, Tatat. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Rendah.

Huang, W., Li, X., & Shang, J. (2022). Gamified Project-Based Learning: A Systematic Review (pp. 313-324).

Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64.

Khasanah, S. U., & Darsinah. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1).

Kurniawan, D.T. (2017). Penggunaan Model PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207.

Mustakim. 2020. Jurnal Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. 2 (1): 1-12.

Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian. Jayapangus Press Books, i-117.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092.

Nisa, S. K., Yohanie, D. D., & Sulistyono, B. A. (2023, August). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 742-750).

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh model project based learning (pjbl) terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333.

Pangkey, C., Lengkong, J., Legi, M., & Rorimpandey, WH (2023). Application of the project based learning model to improve Indonesian language learning outcomes for class elementary school students. Jurnal Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan (ELIa), 3 (2), 303-317.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.Sesiomadika, 2(1c), 659-663.

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Clasroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143.

Sudjana. (2006). Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatit, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, WK, Shodikin, A., Solikha, NIA, Pratama, NK, & Valensiana, BF (2022). Bahan Ajar Integratif dengan Pendekatan Project-based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Bilingual Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Pendidikan Dasa ,6 (4).

Sundayana, Rostina. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2018.

Surapranata, sumarna. Analisis, Validitas, Reliabilitas Dan Interprestasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Suryapuspitarini, B.K., Wardono, Kartono. 2018. Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 876-884.

Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktek. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA Wijayanto, Z., Maknun, FK, & Damarsari, R. (2023, Agustus). Penerapan Pembelajaran BerbasisProyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Yogyakarta. Dalam Prosiding Konferensi Internasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, hlm. 1964-1972).

Wulandari, Y., & Jannah, M. (2019, January). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v min 38 aceh besar. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 6, No. 1).

Published

2025-01-29

How to Cite

Elis Riyani, Simbolon, M. E. ., & Iskandar, A. N. . (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V : (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Ciporang) . Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 70–79. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4154