PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS V DI SDN 155712 TUMBA JAE 2

Authors

  • Chori Simbolon FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nova Florentina Ambarwati FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kemampuan Berpikiran Kreatif, Brainstorming, pelajaran SBDP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat berpikir kreatif siswa mata pelajaran SBDP kelas V SD Negeri 155712 Tumba Jae 2 Tahun Pembelajaran2023/ 2024. (2) mengetahui proses pelaksanaan metode Brainstorming pada mata pelajaran SBDP kelas V di SD Negeri 155712  Tumba jae 2 Tahun Pembelaran 2023/ 2024. (3) Pengaruh metode  Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif  siswa pada mata pelajaran SBDP kelas V di SD Negeri 155712 Tumba jae 2 Tahun Pembelajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan instrumen tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 155712 Tumba Jae 2 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diberikan perlakuan (Pretest) sebesar 59,6 dan sesudah diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran Brainstorming (Posttest) diperoleh rata rata sebesar 85,13.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh sangat kuat antara variabel X terhadap variabel Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,841 dengan rtabel (0,361) maka Ha diterima.selanjutnya penguji hipotesis menunjukkan dengan thitung sebesar  8,215 sedangkan ttabel 2,042 maka dapat dikatakan ada pengaruh metode pembelajaran SBDP terhadap kemampuan kreatif siswa dan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan, dengan demikian Ha diterima yaitu ada pengaruh antara metode pembelajaran SBDP dengan kemampuan kreatif siswa.

References

Afifah. 20210:21 model pembelajaran osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Universitas pendidikan Indonesia

Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015a). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.17509/ mimbar-sd.v2i2.1333

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. B. (2020). Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 27–34. https:// doi.org/ 10.35724/musjpe.v3i1.3117

Basuki, R. (2021). Strategi Peningkatan Pembelajaran Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu dengan Metode Brainstorming. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 414–426. https://doi.org/10.31540/ silamparibisa. v4i2.1484

Braistorming Tertulis, M., Curah Pendapat Dengan Memaksimalkan Keterlibatan Semua Peserta Dalam Pengambilan Keputusan Yusuf MPd, T., & Trisiana, A. (2019). ADIWIDYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi. In ADIWIDYA (Vol. 3, Issue 2). C . (n.d.).

Dahlan, M. (2022). Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Argumentasi Bahasa Indonesia Melalui Metode Belajar Brainstorming (Vol. 7, Issue 1). http://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/index

Darwanto. (n.d.-a). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Pengertian dan Indikatornya).

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang.

Hepytriati. 2014 : 24 Profil kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jakarta : Bumi aksara

Konferensi, P., Nasional, P., Karakter, P., Melalui, B., Almar’atus Sholihah, H., Fiadhia Koeswardani, N., Fitriana, V. K., & Semarang, U. N. (n.d.). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP.

L., & Widiyastuti, A. (n.d.). Implementasi Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelas B2 Ra Persis 104 Cikajang.

Matondang, M. (n.d.). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Perancangan Produk POCHADE. https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1071

Muhammadiyah Makassar, U., Supardin Gading, A., & Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik SMA Negeri, P. (n.d.). Jurnal Pendidikan Fisika The Effect of Brainstorming Method toward the Students’ Divergent Thinking Skill at SMA Negeri 9 Makassar. 7, 65.

Mulyaningsih 2018 ; 34 analisis kemampuan berpikir kreatif siswa siap dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola barisan bilangan. Jurnal pendidikan berkrakter 1 (1) : 34

Nurkholis, V. (2020). Penerapan Metode Brainstorming dengan Media Berbasis Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VB Sekolah Dasar 192 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan SYARIF KASIM Riau).

Puspita Sari, C., Wayan Sujana, I., & Ketut Adnyana Putra, I. (2019). Korelasi Antara Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1).

Rahmani, W., Widyasari, N., Larangan Selatan, S., Hamka, J., Selatan, L., Tangerang, K., & Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram.

Rusdiana, D. (n.d.). Kemampuan Kognitif Siswa SMA. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/

Shofiyani 2021 : 13-14 implementasi metode brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arap jurnal or education and management studies 4, No. 4 (13-14)

Sinta, T., Keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, berdasarkan, Riset, K., dan Pendidikan Tinggi, T., Lestari, Y., Sulistyo, B., & Baturaja, U. (2020a). Kredo 4 (2020) KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Keefektifan Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Teks Berita (Vol. 4, Issue 1). https://jurnal.umk.ac.id/index._php/kredo/index

Siswanta, J. K., & Samsiyah, N. (2023). Peningkatan kemampuan bernalar kritis di kelas iv sd negeri klitik menggunakan metode brainstorming berbantukan media jendela informasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1347-1357.

Sugiyono, (2021) Metode Penelitian Kuantitaif/Kualitatif dan R&D (ke III), Alfabeta

Supardi US. (n.d.). Jurnal Formatif 2(3): 248-262 Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika.V. (n.d.).

Tampubolon, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dalam meningkatkan Hasil belajar Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN 164319 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(3), 238-246.

Utami, D. (2015). Pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232-241.

Yusuf Aditya, D. (2016a). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Jurnal SAP (Vol. 1, Issue 2).

Yusuf Aditya, D. (2016b). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Jurnal SAP (Vol. 1, Issue 2).

Zuhdi, U. (2018). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Muatan Materi Ips Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Sdn Gempol 3 Pasuruan

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Simbolon, C. ., Abi, A. R., Ambarwati, N. F., Sinaga, R., & Sitepu, A. . (2025). PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS V DI SDN 155712 TUMBA JAE 2. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 45–55. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4189