PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI DI SD BUDI MULIA BINJOHARA KECAMATAN MANDUAMAS TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Wintri Sarty Sihotang FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Darinda Sofia Tanjung FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, SD BUDI MULIA BINJOHARA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa  Kelas VI Di SD Budi Mulia Binjohara Kecamatan Manduamas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di SD Budi Mulia Binjohara Kecamatan Manduamas yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan instrumen tes pilihan berganda. Mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis kelas VI  dengan instrument tes pilihan berganda menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 57,66 dan sesudah diberikan perlakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (posttest) diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,83. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh kuat antara variabel X terhadap variabel Y dengan koevisien korelasi sebesar 0,778 dengan rtabel sebesar 0,361 maka Ha diterima. Selanjutnya pengujian hipotesise menunjukan dengan thitung sebesar 6549  sedangakan ttabel 2.042 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning  Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas VI.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133.

Amri, N., & Rosnawati, V. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 86-92.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD pada muatan IPA. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 4(3), 422-432.

Aulia, A., & Ellyana, N. (2022, November). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 272-278).

Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring Dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47-56.

Ekayanti, I. (2021). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Science Learning Motivation in Elementary Schools. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 6, pp. 1314-1321).

Gani, R. A., Anwar, W. S., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 54-59.

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1494-1499.

Hasan, K., Halik, A., & ... (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus IV Wilayah II Kecamatan Soreang Parepare. … Matematika, 4047, 1–15. https://ummaspul.ejournal.id/diferensial/article/view/6425%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/download/6425/3040

Hendracipta, N. (2021). Buku Ajar Model Model Pembelajaran SD. Bandung. Multikreasi Press

Hidayanti, D., As' ari, A. R., & Chandra, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas ix pada materi kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 276-285.

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.

Hutagalung, M. T., Siagian, A. F., & Saragih, S. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Subtema Sumber Energi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 438-444.

Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto, S. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 232-236).

Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16-24.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016, February). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan pendekatan open ended. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 58-64).

Putri, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25.

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohmah, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127-141.

Rahmatia, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685-2692.

Rahmawati, N. (2023). Pengaruh penerapan model problem based learning berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar.

Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024, February). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 724-730).

Resti, Y. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Aulia, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109-115.

Safitri, R., Sukamto, S., Subekti, E. E., & Nafiah, U. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 297-308.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177.

Setyaningsih, T., & Farida, S. (2023). Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8 sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 132-149.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Siswanti dan Indrajit. (2022). Problem Based Learning.Yogyakarta

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sujarweni. W. V. 2023. Metodologi Penelitian.Yogyakarta. Pustakabarupress.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).

Sundayan, R. 2018. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019, September). Penggunaan aplikasi quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. In Seminar nasional pendidikan dan pembelajaran 2019 (pp. 362-368).

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar siswa sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113-120.

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Zakiah dan Lestari. (2019). Berfikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Sihotang, W. S. ., Tanjung, D. S., Simarmata, E. J., Lumban Gaol, R., & Sinaga, R. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI DI SD BUDI MULIA BINJOHARA KECAMATAN MANDUAMAS TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 33–44. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4207