PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SD NEGERI 104181 SUNGGAL KANAN
Keywords:
Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V UPT SD Negeri 104181 Sunggal Kanan. Model pembelajaran ini menekankan kerja kelompok dan tanggung jawab individu dalam memecahkan masalah yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik nonprobability sampling.References
Imelda and Anazelina, D. (2019) ‘Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill’, Jurnal of Mathematics Education and Science, 5(1), pp. 11–19.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.
Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1sted.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Kurniawan, M. W. & Wuri W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ppkn. Jurnal Civics, 14, 10-22. doi: https://doi.org/10.21831/civics.v14i 1.14558
Nopia, Rani, Julia, and lestari, ‘Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air’, Jurnal Pena Ilmiah, 1.1 (2015), 641–50 http://repository.upi.edu/id/eprint/20714
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya:Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Shiddiq A, Mawardi, dan Alias M, (2020). “ Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IIS SMAMuhammadiyah 1 Pontianak Tahun ajaran 2019/2020”.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116–125.
Masrinah E, Aripin I, Gaffar A, (2019). “ Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis”. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019.
Alexandra & Ratu. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Dengan Graded Response Models. Jurnal Mosharafa. Vol. 7, No. 1.
As’Ari, A. R., Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019).Mengembangkan HOTS (higher Order Thinking Skills) Melalui Matematika. Universitas Negeri Malang.
Prasetiyo, M. B. (2021). Model Pembelajaran Inquiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAF), 9(1).
Mahardiningrum, Anita Sri & Novisita Ratu. 2018. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga Ditnjau Dari Berpikir Kritis. Jurnal Mosharafa. Vol.7, No. 1.
Haryati, Yuyun. (2017). “Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan berpikir kritis Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol.3 No.2 Edisi Juli
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Jihad, A., & Haris, A. (2019). eval_uasi Pembelajaran. Multi Presindo.
Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik (2nd Ed.). Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.