PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 095552 Jl.ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Immanuel Stiven Hutauruk Universitas HKBP Nommensen Pemangsiantar
  • Mangatur Gonzales Simbolon Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Frendi Martuahman Damanik Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Keywords:

Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision, STAD, Kualitatif, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 095552 Jl Asahan Km 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Sampel penelitian sebanyak 18 siswa, pada 1 kelas yaitu kelas IV. Pengumpulan data yang dipakai yaitu tes butir soal,. Analisis data yang digunakan menggunakan dengan cara uji N-Again. Berdasarkan kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 095552 Jl.Asahan Km 5 Tahun ajaran 2023/2024.

References

Andianis Triwiratih dan Julianto. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JPGSD

Ari Sudana, I. Putu, & Wesnawa, I. Gede Astra. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1.

Arikunto, suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmedy, Asmedy. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2),

Astuti, Dina Indri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 213.

Asmedy.(2021).Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil

Belajar Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidikan.2(2).108-113.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia , Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional , ( Jakarta : cet. I, 2003) hal. 5.

Grahito, Anggit. (2020). Belajar dan pembelajaran. Surakarta: Unisri press. Hamdayama jumanta. (2018). metodologi pengajaran Fidarto. Jakarta: bumi aksara.

Hidayah dan Purwanti (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif (student team achievement Devision) berbantuan media Animaker terhadap keaktifan dan sikap sosial di SD negeri candi 03. Jurnal sekolah dasar.vol.7(2).

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia:

Jakarta

Krismanto, Joko dkk. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Medan: Yayasan kita menulis.

Lindung, dkk.(2021). Pengaruh model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal riset pembelajaran matematika. Vol.3(1).

Muhammad. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Berorganisasi Di Kelas V SD Negeri 09 Kediri Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

Made Suardiana, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 381–386.

Marheni, Ni Ketut, Jampel, I. Nyoman, & Suwatra, Ignatius I. Wayan. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3

Ngailo, Dorkas Wini, Muliadi, Agus, Adawiyah, Siti Rabiatul, Samsuri, Taufik, & Armansyah, Armansyah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Hutauruk, I. S. ., Simbolon, M. G. ., & Damanik, F. M. . (2025). PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 095552 Jl.ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 10–18. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4557