HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 101821 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Fetra Elisabeth Sitohang FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Darinda Sofia Tanjung FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Antonius Remigius Abi FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kecerdasan Emosional; Kemampuan Berpikir Keatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD NEGERI 101821 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kausal comperative yang bersifat Ex Post Facto dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  angket yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Untuk menguji kualitas instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.  Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan spss versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,834 yang artinya rhitung (0,834) >= rtabel(0,361), maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SD Negeri 101821 Pancur Batu Tahun pembelajaran 2022/2023.

References

Afniola, S., Ruslana, R., & Artika, W. (2020). Intelegensi Dan Bakat Pada Prestasi Siswa. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i1.844

Ahmad, A. dkk.Hubungan Kecerdasan Emosional dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. juurnal, 1-25.

Ali, M dan Asrori, M. (2020). Psikoligi Remaja. Jakarta:PT. Bumi Aksara

Arikunto, S (2017) Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.

Elly's, M. dkk. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendagogia, Vol. 4 No. 1

Goleman, D. (2018). Emotional Interligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ika, M. (2010). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Keyakinan Diri (Self-Elficacy) dengan Kreativitas pada Siswa Akselerasi, Skripsi.

Istirani dan Pulungan. (2018) Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Lin Mas Eva dan Mei Kusrini. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berfikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, Vol 5 No. 3.

Mardianto, (2012). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Margono, (2014). Metode Penelitian. Jakarta:Rhineka Cipra.

Mariyati, L. I. (2019). Inteligensi Dan Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar. Psyche:Jurnal Psikologi, 1(1), 1–12.

Muhammedi, (2017). Psikologi Belajar. Larispa.

Munandar, U. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta.

Nisrina, Nida, Ajeng, dkk. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kutabumi IV Kabupaten Tanggerang.Jurnal Tama Cendekia, Vol. 2, No. 3, 198-205.

Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian (Cetakan ke). Kencana.

Rambe, N. M. (2019). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 930–934.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Sitohang, F. E. ., Sinaga, R., Anzelina, D., Tanjung, D. S. ., & Abi, A. R. (2025). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 101821 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4580