PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 013823 TELUK DALAM, KAB. ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Model Problem Based Learnin, Hasil Belajar, MatematikaReferences
Al-Tabany Bandar, Ibnu Rianto. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Anzelina, D., & TAMBA, I. (2020). Perbedaan Model pembelajaran Problem Basset Learningdengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 249-65.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipt
Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian; suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto Selatan: CV. Pena persada.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Farida, dan Musyarofah, A. 2021.Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis ButirSoal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education 1(1): 34–44
Fathurrohman, M. (2015).Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hs, D. W. S., & Kistian, A. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174-188.
Huda, Miftahul. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018).Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 45-60.
Pertiwi, W. D. D., Roshayanti, F., Untari, M. F. A., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 597-602.
Purwanto. (2017). Evalusi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1-8.
Sembiring, R. K. B., Simorangkir, F. M. A., & Anzelina, D. (2019). Model pembelajaran kooperatif TTW (think talk write) untuk meningkatkan komunikasi matematik dan sikap positif siswa. Jakad Media Publishing.
Shoimin Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Edisi 2018. Ar-Ruzz Media.
Shoimin. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum . Yogyakarta.
Sigalingging, D., Sembiring, R. K., Sitepu, A., &Silaban, P. J. (2022).Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV di SD. Jurnal Pajar (PendidikandanPengajaran), 6(3), 749-766.
Sinurat, Y., Silaban, P. J., & Sari, A. S. P. (2022, July). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 060833 Medan Petisah. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 17-28).
SiswantidanIndrajit (2023).Problem Based Learning.AND:Yogyakarta.
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, A., (2014). Belajar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Parsada
Sudjana, (2017). Metode Statistik. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono, (2021). Metodologo penelitian kualitatif. Alfabeda. CV: Bandung
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuntitatif. (Setiyawami (ed.)). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono(2017).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto. (2023). Teoritis Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.
Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem-based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 272-280.
Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 220-230.
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82-90.
Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190-198.