PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA
Keywords:
Bahasa Indonesia, Kreativitas, Model Project Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran disekolah dasar. Salah satu model yang diyakini mampu meningkatkan kreativitas siswa adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model PJBL dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN 1 Purwawinangun. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning, dan kelas VA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest berbentuk uraian, serta lembar penilaian kreativitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 8,84 > 01,68, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,14 (kategori rendah). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Kreativitas, Model Project Based LearningReferences
Sakwati Abidin, Purnamawati, & Abdul Muis Mappalotteng. (2023). Pengaruh Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Sidrap. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 462-471.
Sari, I. K., Fajri, N., & Mulyani, S. (2019). Profil Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Matematika Ujian Akhir Semester Kelas VIII SMP di Banda Aceh. Jurnal Numeracy, 6(1), 132-142.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79-83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Sturk, E. (2023). The Teaching of Writing Across the Curriculum in School Years 4-6 in Sweden. In Written Communication (Vol. 40, Issue 3). https://doi.org/10.1177/07410883231169505
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76-81.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136-146.
Trianziani, S. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 4(November), 274-282.
Usman Himawati, Raihan Siti, A. W. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA MEMBUAT KARYA DEKORATIF. NSJ: Nubin Smart Journal, 02.
Wardhono, A., Gema, C., Nasir, M. A., & Ubaidillah, M. (2024). Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar melalui Program Seni dan Kerajinan Tangan di MI Miftahul Ulum Abstrak Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia. 5(3), 620-629.
Widiyaningrum, & Harnanik. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII Pemasaran pada Pembelajaran Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 729-735.
Wiyono, T. (2018). PENGARUH MOTIVASI SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 90. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3115
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96-102.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan,.