ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI DI SD NEGERI 173539 HUTAGAOL
Keywords:
Analisis, Keteramplan Dasar Mengajar, Asistensi ManegajarAbstract
Keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas sangat tergantung pada hubungan yang baik antara pengajar (guru) dan pelajar (siswa). Dengan menguasai kemampuan dasar dalam mengajar dengan baik, guru dapat memberikan umpan balik yang positif kepada siswa, yang selanjutnya akan meningkatkan motivasi siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Sebaliknya, umpan balik yang negatif dari siswa dapat mengganggu proses belajar mereka dan menciptakan rintangan atau kesulitan dalam pembelajaran. Rintangan atau kesulitan dalam belajar ini bisa mengakibatkan ketidakberhasilan dalam mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu, kemampuan mengajar sangat penting bagi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru yang melakukan MBKM di SDN 173539 Hutagaol. Dari hasil analisis kuesioner dan indikator yang kami teliti, keterampilan dasar mengajar mahasiswa MBKM Universitas Quality berada pada kategori baik hingga sangat baik. Ini menunjukkan bahwa kemampuan mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa MBKM Universitas Quality memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa selama proses pengajaran, yang terlihat dari penerapan indikator-indikator keterampilan dasar mengajar di kelas.References
Abdul Majid. 2019. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Andini, W. (2023). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sd/Mi Di Era Digital. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 28. https://doi.org/10.24235/ath.v33i1.13763.
Bastian, B. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357-1365.
Bujung, B., Karsiwan, W., Fajartriani, T., Samsul Badar, D., Terbuka, U., & Pendidikan Universitas Muhamamdiyah Bogor Raya, A. (2024). Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1, 473–479. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/about.
Jalla, G. C., Lalang Yame, J. A., Fanmaley, F. P., Dolu, A. A., Mabilehi, B., Penikai, A., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Timur, W., Tlk Mutiara, K., Alor, K., & Tenggara Timur, N. (2024). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD SD Negeri Pailelang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(3), 27–36. https://doi.org/10.55606/concept.v3i2.1369.
Hasibuan. Moedjiono. 2010. Proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Mulyasa.2017. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT Rosdakarya.
Sumadi Suryabarata. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Sutrisno, Hadi. 2015. Metodologi Rised. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman, A.M. 2016. Interaksi