EVALUASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA DI UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI

Authors

  • Tri Widia Astuti Tamba Pendidikan Olahraga Universitas Quality Berastagi
  • Milda Vinna Br Payung Pendidikan Olahraga Universitas Quality Berastagi

Keywords:

Kebugaran jasmani, mahasiswa pendidikan olahraga, evaluasi, Universitas Quality, TKJI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga di Universitas Quality Berastagi. Kebugaran jasmani merupakan salah satu indikator penting dalam mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa dalam bidang kepelatihan, pembelajaran, dan aktivitas fisik lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei melalui tes kebugaran jasmani yang mengacu pada standar tes kebugaran Indonesia (TKJI) untuk usia 16–19 tahun yang disesuaikan dengan kondisi mahasiswa. Sampel penelitian terdiri dari 60 mahasiswa aktif yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berada pada kategori sedang (52%), sedangkan 28% berada pada kategori baik, 15% cukup, dan 5% kurang. Temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan program pembinaan kebugaran jasmani yang terstruktur dan berkelanjutan dalam lingkungan kampus guna mendukung performa akademik dan profesional mahasiswa di masa depan. Evaluasi ini juga memberikan dasar bagi pengembangan kurikulum praktikum dan kebijakan kampus sehat di Universitas Quality Berastagi.

References

Depdiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Direktorat Jenderal Olahraga, Departemen Pendidikan Nasional.

Prasetyo, A. D. (2021). Hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan prestasi akademik mahasiswa pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(1), 45–53. https://doi.org/10.xxxx/jik.2021.10.1.45

Sugiarto, R. (2018). Dasar-dasar kebugaran jasmani. Yogyakarta: CV Andi Offset. Suharjana. (2015). Tes dan pengukuran kebugaran jasmani. Yogyakarta: UNY Press. Yudha, R., & Sari, N. (2019). Evaluasi kebugaran jasmani pada mahasiswa program studi pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(2), 120–130. https://doi.org/10.xxxx/jpo.2019.7.2.120

Hasan, A. (2016). Pengukuran dan evaluasi pendidikan jasmani. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and methodology of training (5th ed.). Champaign, IL: Human Kinetics.

Caspersen, C. J., Powell, K. E., & Christenson, G. M. (1985). Physical activity, exercise, and physical fitness: Definitions and distinctions for health-related research. Public Health Reports, 100(2), 126–131.

Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2005). Physiology of sport and exercise (3rd ed.). Champaign, IL: Human Kinetics.

Sastrawijaya, A. T. (2014). Korelasi antara aktivitas fisik dan tingkat kebugaran jasmani pada mahasiswa. Jurnal Olahraga Prestasi, 10(1), 25–32.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Sipayung, R., dkk. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107967 Pelintahan. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(1), 1-11.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Suyono, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono, H. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan

Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, .2(1), 8-18.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Tamba, T. W. A. ., & Payung, M. V. B. . (2025). EVALUASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA DI UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(1), 133–137. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4966