PERANAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KERJA SAMA DAN KEDISIPLINAN MAHASISWA PGSD
Keywords:
permainan tradisional, gobak sodor, karakterAbstract
Pembelajaran abad ke-21 menuntut guru untuk kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, tetapi juga membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan permainan gobak sodor dalam upaya membentuk karakter kerja sama dan kedisiplinan mahasiswa khususnya mahasiswa prodi PGSD. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan mengamati dan menggali informasi langsung di lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara terstruktur. Lokasi penelitian di Universitas Quality Medan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa di lokasi tersebut masih belum memanfaatkan permainan tradisional secara optimal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tahap-tahap penelitian secara garis besar dibagi kedalam tiga bagian, yaitu; 1) Tahapan persiapan/pra-lapangan, 2) Tahapan pekerjaan lapangan, dan 3) Tahapan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan :1) Saat ini permainan modern lebih banyak digunakan dibandingkan dengan permainan tradisional. 2) Permainan Gobak Sodor sebagai salah satu permainan tradisional dari D.I Yogyakarta ini telah berhasil menjadi salah satu media membentuk karakter kedisiplinan mahasiswa.References
Aisyah. 2014. Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Niaga Swadaya.
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59.
Annur, Cindy Mutia. 2019. Indonesia Peringkat Kedua Pemain Aktif PUBG Terbanyak di Dunia. [internet]. [cited 20 Juli 2019]. Available from https://katadata.co.id/berita/2019/05/25/indonesia-peringkat-kedua-pemain-aktif-pubg-terbanyak-di-dunia.
Asy’Arie, Musa. 2017. Manusia Kotak. Jakarta: LESFI
Husdarta, dkk. 1999. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.
Keen, Achhroni. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh kembang anak melalui permainan tradisional. Jogjakarta : Javalitera
Kurniati, E. 2011. Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.
Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Misbach, I. H. 2006. Peran Permainan Tradisional Yang Bermuatan Edukatif Dalam Menyumbang Pembentukan Karakter Dan Identitas Bangsa. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Mulyani, Novi. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Jogjakarta :
Diva Press
Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks Permata Puri Media
Purwaningsih, Ernawati. 2006. Permainan Tradisional Anak: Salah Satu
Khasanah Budaya yang Perlu Dilestarikan. Yogyakarta: P3NB.
Saragih, Selamat. 2019. Disiplin Rendah, 4.494 PNS DKI Bolos Hari Pertama Kerja. [internet], [cited 10 Juli 2019]. Available from https://mediaindonesia.com/read/detail/207810-disiplin-rendah-4494-pns-dki-bolos-hari-pertama-kerja.
Sudarwan, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suhendra. 2016. Asa Permainan Tradisional Sebelum Punah. [internet], [cited 1 Agustus 2019]. Available from https://tirto.id/bx6W.
Syamsidah. 2015. 100 Permainan PAUD & TK di Dalam & di Luar Kelas. Jogjakarta : Diva Kids
Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.