PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD
Keywords:
Model Pembelajaran Inquiry, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa di kelas IV. Pada Mata Pelajaran IPAS SD Negeri 117504 Perkebunan Aek Pamienke Tahun Pembelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 25 soal dan angket 25 butir angket. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik sampling purposive. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 53,07 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Pretest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Posttest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 78,8 dengan kategori baik. Dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry meningkat dan berpengaruh dengan kategori sangat kuat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh hasil dengan hasil 0,95 lebih besar sama dengan 0,361. Selanjutnya pengujian hipotesis yang membandingkan nilai . Diperoleh nilai = 16,099 sedangkan = 1,69913. Karena (16,099 lebih besar sama dengan 1,69913) maka diterima dan ditolak. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran Inquiry (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).References
Agista, H., Haliza, N. A., Husaini, N. A., Setiawati, D., & Noviani, D. (2023). Aplikasi Metode Inquiry; Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqih. Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 77–86. https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n12023
Amalia, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV. Jakarta Pusat. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Arikunto. (2023). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
ASTUTIK, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735
Chesa, N., & Binti Azizatun Nafi’ah. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Kelas Sekolah Dasar Sebagai Sarana Evaluasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 67–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482
Erna Muliastrini, N. K., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14116
Hasibuan A.R.H., Aufa, Khairunnisa L., Siregar W.A., & A. H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(6), 667.
Isrok’atun&Rosmala Amelia.(2020).Model-Model Pembelajaran Matematika.Jakarta: Bumi Aksara
Istarani & Pulungan. (2023). Ensiklopedi Pendidikan. Medan. Media Pesada
PEMBELAJARAN 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 268-280.
Iffah, F., Agustina, M., Syachruroji, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Analisis Motivasi Peserta Didik Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV sendiri dan alam sekitar , serta pengembangan lebih lanjut dalam penerapan dalam dipengaruhi oleh bagaimana motivasi belajar siswa sendiri . Motivasi belajar siswa. 4, 108–117.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Khumairotun, A. (2024). PENGARUH MODEL INQUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Ma’rifah, S. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Marifah, dkk. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Jl. Kyai Saleh I: Cahya Ghani Recovery
MUJIBURROHMAN, J. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjasorkes Pada Permainan Bola Basket Siswa Kelas Xii. Mia 2 Di Man Subang Tahun Pelajaran 2015/2016. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 229-239.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Sipayung, R., dkk. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107967 Pelintahan. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(1), 1-11.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Suyono, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyono, H. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan
Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, .2(1), 8-18.