PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 019 LUMBAN PURBA
Keywords:
role playing, hasil belajar, IPSAbstract
Penelitian ini memiliki urgensi yang penting dalam membentuk karakter siswa serta menumbuhkan wawasan sosial yang luas. Namun pada kenyataannya, pembelajaran IPS sering sekali dianggap membosankan karena didominasi oleh metode ceramah yang pasif. Hal ini berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa, salah satunya melalui model role playing. Metode yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design, yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model dan kelompok kontrol yang menggunakan konvensional. Luaran wajib yang ditargetkan adalah jurnal nasional terakreditasi sinta 5. Jumper: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan link url Jurnal Aquinas. Tingkat kesiapan teknologi (TKT) dalam penelitian ini adalah TKT 2 formulasi konsep dan/atau aplikasi teknologi.References
Adini, N. A. S. (2021). Metode Bermain Peran Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Riau: DOTPLUS Publisher.
Anwar Hairul, Syaribulan, & Muhammad Basri. (2018). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Murid Kelas V. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 3(2). 486-495.
Firmansyah, E. K., Suhartono, & Roosyanti, A. (2020). Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penaksiran Pecahan Sederhana Kelas IV. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-9.
Hidayat, M. A. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 144–149.
Irmadurisa, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan Pembelajaran yang Aktif , Kreatif , Efektif dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Elementary Journal, 5(2), 55–63.
Mardiana, M., Ganda, N., & Karmilah. (2021). Pengaruh Metode Role Playing dalam Pembelajaran IPS tentang Kegiatan Jual Beli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 72–76.
Mutia, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Nasution, M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V MIN 3 Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019 [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara].
Nasution, T., & Maulana, A. L. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Permatasari, R. T. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Kreativitas Siswa di SD Negeri 66 Kota Bengkulu [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu].
Putri, A. R., Sugiyono, & Tahmid Sabri. (2019). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1-8.
Putri, A. N. (2020). Penggunaan Model Bermain Peran dalam Pembelajaran IPS untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 101–110.
Rahma, L. N. (2022). Pengembangan Modul Materi Kegiatan Ekonomi di Sekitarku Berbasis Kearifan Lokal Kediri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sari, D. R. (2022). Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(1), 60–67.
Suarsana, I. B. P. Lasmawan, W. dan Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Motivasi Berprestasi Kelas V SDN Gugus II Laksamana Jembrana. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).
Tarigan, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 102–112.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Wulandari, R. (2023). Efektivitas Model Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 15(1), 75–83.
Yusuf, H., & Prasetya, T. (2024). Pembelajaran Aktif Melalui Role Playing: Studi pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 14(2), 33–42.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Sipayung, R., dkk. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107967 Pelintahan. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(1), 1-11.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Suyono, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyono, H. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan
Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, .2(1), 8-18.