PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 064023 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Tomu Anggito Exaudi Silaban FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Reflina Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Janson Silaban FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Bogor Lumbanraja FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Inquiry Learning, Student Learning Outcomes, Bahasa Indonesia

References

Astiti, Nyoman Dewi, Luh Putu Putrini Mahadewi, and I Made Suarjana. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA.” Mimbar Ilmu 26(2): 193. doi:10.23887/mi.v26i2.35688.

Ani Sri Mulyani, Laesti Nurishlah, L. F. B. T. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.10802602

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Charli, Leo, Tri Ariani, dan Lusi Asmara. “Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. “Science and physics Education Journal (SPEJ 2.2 (2019): 52-60.

Efendi, Dwi Ratna, and Edi. "Komparasi model pembelajaran problem based learning dan inquiry learning ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5.3 (2021): 1277-1285.

Faberta, Hafiza, Victoria Karjiyati, and Dalifa Dalifa. 2019. “Pengaruh Model Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu.” JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 2(3): 237–44. doi:10.33369/juridikdas.2.3.237-244.

Hayati, Sri. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning.” Magelang: Graha Cendekia: 120.

Istirani & Pulungan. 2018. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kurniasih dan Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena

Kristianto, Prasetiyo, and Brillian Rosy. "Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa." Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9.1 (2022): 109-178.

Mulyadi, M. (2023). Implikasi Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(2), 29–33. https://doi.org/10.37630/jpb.v13i2.1461

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Nasution, Abdulgani Jamora et al. 2023. “Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Di MIS Fajar Shiddiq Kota Medan Marelan.” EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies 3(2): 180–89.doi:10.47467/edui.v3i2.3163.

Prasetiyo, Mochammad Bagas, and Brillian Rosy. 2020. “Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(1): 109–20. doi:10.26740/jpap.v9n1.p109-120.

Prawiyogi, Anggy Giri, Tia Latifatu Sadiah, Andri Purwanugraha, and Popy Nur Elisa. 2021. “Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1): 446–52. doi:10.31004/basicedu.v5i1.787.

Priansa, J, D (2023). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Pustaka Setia

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ratnawati., Syamsidah. (2020). Panduan Model Inquiry Learning. Sleman. Grup Penerbit CV Budi Utama.

Sugiyono, (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta CV

Slameto, (2023). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta

Silaban, Patri Janson. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Vi Sd Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.” Jurnal Ilmiah Aquinas 2(1): 107–26. doi:10.54367/aquinas.v2i1.364.

Silviana Nur Faizah. 2017. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 1(2).

Sigalingging, D., Sembiring, R. K., Sitepu, A., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas Iv Di Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 749. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8537

Widyaningsih, E. Emma. 2017. “Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Sebagai Upaya Optimalisasi Kontribusi Anggota Kelompok Dalam Praktikum IPA Materi Cahaya.” Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 7(2): 57–60. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31468.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Silaban, T. A. E. ., Sinaga, R. ., Simarmata, E. J. ., Silaban, P. J. ., & Lumbanraja, B. . (2025). PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 064023 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(2), 229–246. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/5022

Issue

Section

Artikel