PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 003 PASARIBU

Authors

  • Eti Muliani Universitas Quality Berastagi
  • Prima Ronaldo Siallagan Universitas Quality Berastagi

Keywords:

Merdeka Belajar, Berfikir Kritis, kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan kurikulum Merdeka belajar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V di SDN 003 Pasaribu. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment). Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa di kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berfikir kritis siswa sebelum dan sesudah penggunaan pada penerapan kurikulum merdeka serta angket. Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh penerapan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan berfikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka terhadap terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V di SDN 003 Pasaribu.Implikasi untuk Pembelajaran Implikasi Kurikulum Merdeka sangat beragam, terutama dalam hal pembelajaran, peran guru, dan pengembangan siswa. Kurikulum ini mendorong pembelajaran berbasis proyek, meningkatkan keterampilan abad ke-21, dan mengutamakan pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif.

References

Afidah Rahman, I., Aqilah Vilanti, F., Wulan Tersta, F., & Pratama, L. (n.d.). IMPLEMENTASI

KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA).

Lamappapoleonro, U. (n.d.). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar

Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013 Veronica resty panginan 1 , Susianti 2. 1(1).

Penulis, I., Chaniago, S., Mahaputra, U., Yamin, M., Fitri, D., Universitas, Y., Yamin, M. M., &

Setiawati, M. (2022). Sultra Educational Journal (Seduj) Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. 2(4). http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/sedujhttp://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang

Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5.

Ria Sitorus, F., Kristina Waruwu, K., & Febry, A. (n.d.). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM

MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 06). Juni.

Sudirman, S., Jatmikowati, T. E., & Kusumaningtias, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka pada

Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.47134/paud.v1i1.32

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Sutrisno, Hadi. 2015. Metodologi Rised. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Muliani, E., & Siallagan, P. R. . (2025). PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 003 PASARIBU . Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(2), 196–202. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/5037

Issue

Section

Artikel