EFEKTIVITAS METODE TEAM QUIZ BERBANTU BAHAN AJAR DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS
Keywords:
Team Quizpartisipasi aktif, pembelajaran IPS, model pembelajaran, bahan ajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Team Quiz berbantu Bahan Ajar dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPS yang masih didominasi metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang terlibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar negeri di kota Medan, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan metode Team Quiz dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi partisipasi aktif dan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan partisipasi aktif siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Team Quiz menunjukkan peningkatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan bekerja sama dalam kelompok. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa motode Team Quiz efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar.References
Nasution, F., Siregar, Z., Siregar, R. A., & Zakhra Manullang, A. (2024). 12 Pembelajaran dan Kontruktivis (Fauziah Nasution, dkk) Madani. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 837-841. https://doi.org/10.5281/zenodo.10465606
Negeri, L. S. D., Siala, A., & Email, I. (2025). Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa dalam Diskusi melalui Model Kooperatif TGT pada Pembelajaran Agama Islam. 3(1), 157-164.
Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473-480. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S., & Mujazi, R. M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang (Issue 9).
Roslina, Sulastri, R., & Milasari. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Untuk Materi Bilangan Pecahan Pada Siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh. Maju, 7(1), 117-125.
Sauri, A., Hakim, I., Fatah, R. A., Tunnurussyifa, L., & Jakarta, U. I. (2025). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ. 9, 41-47.
Siburian, A., Siahaan, E. A., Naibaho, D., Pendidikan, J., Kristen, A., Agama, I., & Tarutung, K. N. (2023). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11202-11209. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Siska, U. M. (2024). Implementasi Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 50-62.
Sumarli, S., Setyowati, R., & Anggreni, P. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas Iv Sd Pada Materi Sumber Energi. Journal of Educational Review and Research, 4(2), 141. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2981
Sunarti, S., Munirah, M., & Sulfasyah, S. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Information Search terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9680-9694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4104
Utami, S. (2022). the Effect of Using Thematic Learning Models on the Learning Outcomes of Class Iv Elementary School. Sensei International Journal of Education and Linguistic, 1(1), 13-30. https://doi.org/10.53768/sijel.v1i1.7