PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERTEMA PARIWISATA AIR TERJUN SIPISO-PISO

Authors

  • Elfriati Siregar Universitas Prima Indonesia
  • Jamaluddin Nasution Universitas Prima Indonesia
  • Epriadi Universitas Prima Indonesia
  • Hasanul Amri Universitas Prima Indonesia
  • Evi Bunga Tumanggor Universitas Prima Indonesia

Keywords:

BIPA, Bahan Ajar, Pariwisata, Air Terjun Sipiso-Piso, Budaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat madya melalui media pariwisata lokal dilakukan dengan mengangkat objek wisata Air Terjun Sipiso-Piso sebagai sumber konten pembelajaran berbasis konteks dan tugas. Media pariwisata ini dipilih karena memiliki nilai budaya lokal yang kuat dan belum banyak dimanfaatkan dalam bahan ajar BIPA. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan mix methode (metode campuran). Proses pengembangan melibatkan validasi ahli. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh kelayakan sebesar 92,86% dengan kategori sangat layak. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa pembelajar memiliki antusiasme yang tinggi terhadap isi, tampilan, dan konteks budaya dalam bahan ajar sehingga bahan ajar ini efektif meningkatkan pemahaman kosakata, minat belajar, serta apresiasi terhadap budaya Indonesia. Temuan baru dari penelitian ini adalah integrasi media wisata lokal sebagai sumber belajar kontekstual yang memperkuat pembelajaran bahasa dan budaya secara bermasamaan.

References

Anatasya, A., Adilia, A.A., Pratiwi, A.C., Wibowo, R.R.D.M.K., & Saddhono, K. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Istana Maimun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 14 (1), 319-331.

Febriyana, M., & Syamsuyurnita. (2025). Kontekstualisasi Budaya dalam BIPA: Pendekatan Kearifan Lokal untuk Pembelajar Asing. Prosiding Seminar Nasional BIPA UMSU 2025. 1 (1), 1-5.

Fitria, T. N. (2025). Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Budaya, 12(1), 45–56.

Khadavi., Banjarnahor, L.E., Tarigan, P.E., Panjaitan, Y.R.Y., & Harahap, S.H. (2024). Desain Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan Budaya Lokal Sumatera Utara Melalui Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. 2 (4), 22-28.

Kusuma, E.R., & Kayati, A.N. (2025). Pemanfaatan Wisata Lokal Madura sebagai Sumber Belajar dalam Buku Teks BIPA untuk Pemula. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 9 (1), 1-58.

Melati, I.K., Iswatiningsih, D., & Wurianto, A.B. (2022). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. 11 (2), 164-173.

Nasution, J. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Pariwisata. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 6 (1), 63-73.

Pansori, M.J., Ma’ud, L., & Nurmayani, E. (2024). Urgensi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) sebagai Edukasi Wisatawan Asing di Lombok. Jurnal Sastra. 13 (2), 627-641.

Sembiring, F.B.I.B., & Sihombing, S.M. (2022). Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Mengembangkan Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso di Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik. 9 (2), 239-246.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuniarti, L. & Ariyanti, F. (2021). Pemanfaatan Pariwisata dalam Pengembangan Bahan Ajar BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6 (2), 110-120.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Siregar, E. ., Nasution, J., Epriadi, E., Amri, H. ., & Tumanggor, E. B. . (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERTEMA PARIWISATA AIR TERJUN SIPISO-PISO. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(2), 165–172. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/5110

Issue

Section

Artikel