PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 121142 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Maria Barus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Trisnawati Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sentina Ariani Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Keywords:

Media, Pop-Up Book, hasil belajar

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang diterapkan dimasa sekarang ini, menuntut guru untuk lebih bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan didukung dengan  bantuan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang ada di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh pop-up pook terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada Pembelajaran IPA di SD Negeri 121142 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Pre-Experiment Designs. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 121142 Pematangsiantar, Propinsi Sumatera Utara.Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh dan sampel yang digunakan adalah kelas V yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda.Berdasarkan hasil penelitian. Dari hasil tes siswa diperoleh thitung sebesar 33,623 dan ttabel sebesar 2,05183. Dengan demikian thitung > ttabel = 33,623 > 2,05183 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa adanya pengaruh Media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Media; Pop-Up Book; Hasil Belajar

References

Anjarwati, Y., & Yuniarsih, E. L. (2023). Penerapan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SDN 1 Hadiluwih. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1399-1406.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. No 1-9 Jakarta: ISBN 979-421-547-3

Aulia, H. (2022). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sd Se-Gugus I Kecamatan Nar

Bluemel, Nancy Larson dan Rhonda Harris Taylor. 2012. Pop up Bokks A Guide For Teachers and Librarians. California: Santa Barbara.

Claudya, M., Damastuti, E., & Fauzi, M. (2021). Efektivitas Media Pop Up Dalam Meningkatkan Persepsi Visual Anak Tunagrahita Sedang Di Slb Negeri 2 Martapura. Jurnal Disabilitas, 1(1), 6-10.

Darusuprapti, F. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Pop-Up Untuk Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sidokarto Godean Sleman Yogyakarta. Basic Education, 4(17). Mada (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Dzuanda, B. 2011. Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up, Tokoh-Tokoh Wayang Seri “Gatotkaca” (Tugas Akhir). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Nasution. 20.

Elfiana, U. M., Widiyono, A., & Zumrotun, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Alim (Alat Indra Manusia) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Tunahan Jepara. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 523-527.

Legina, N.,dkk. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Bogor: Vol 5. No 1

Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang: Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Serang. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155-166.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Rahmawati, N. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1), 5–6.

Simbolon, M. E., & Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34-45.

Sylvia, I. N. & Hariani, N. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2): 1196-1205.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Barus, M., Lumbantobing, M. T., & Sinaga, S. A. . (2025). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 121142 PEMATANGSIANTAR . Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(2), 150–157. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/5133

Issue

Section

Artikel