IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN PKN

Authors

  • Paska Sriulina Tarigan FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Ester Julinda Simarmata FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sairo Immanuel Simalango FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Monika Nia Sihombing FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Discovery Learning, karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, siswa SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran DiscoveryLearning dalam meningkatkan karakter siswa sekolah dasar melalui pembelajaran PendidikanKewarganegaraan (PKn). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangankarakter sejak dini, khususnya melalui mata pelajaran PKn yang sarat dengan nilai-nilai moral dankebangsaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan duasiklus pada siswa kelas V SDN Beranti. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara,dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dansiswa, serta angket karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learningmampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa, kemampuan berpikir kritis, serta pemahaman siswaterhadap materi PKn yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dankerja sama. Peningkatan tersebut terlihat dari skor rata-rata karakter siswa yang meningkat dari 65,3pada pra-siklus menjadi 81,7 pada akhir siklus kedua. Dengan demikian, model pembelajaranDiscovery Learning efektif digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk menumbuhkandan meningkatkan karakter siswa di sekolah dasar melalui pembelajaran PKn.

References

Bruner, J. S. (1961). The Act of Discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin

University Press.

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problem

Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sauri, S. (2015). Pembelajaran PKn dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 23–30.

Suparno, P. (2012). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Universitas Sanata

Dharma.

Sutarto, H. P., & Prasetyo, Z. K. (2020). Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran

PKn untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 75–86.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan

Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Uno, H. B., & Mohamad, A. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran

Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Tarigan, P. S. ., Simarmata, E. J. ., Simalango, S. I. ., & Sihombing, M. N. . (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN PKN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(2), 145–149. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/5201

Issue

Section

Artikel