PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI SIKAP TOLERANSI TERHADAP PERBEDAAN AGAMA DAN BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v8i1.5415Keywords:
Toleransi, Keberagaman, Pendidikan Karakter, Nilai MultikulturalAbstract
Sebagai Negara dengan keanekaragaman etnik, agama, suku, dan bahasa yang tinggi, Indonesiatelah lama menghadapi tantangan dalam mengelola keberagaman. Pada satu sisi, keberagamanmenjadi kekayaan dan kekuatan bagi bangsa Indonesia. Namun di sisi lain, keberagaman jugamenyimpan potensi konflik antar golongan. Pengenalan nilai-nilai moderasi sejak dinidiperlukan untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan intoleransi ini. Masa sekolahdasar (SD) yang sering disebut sebagai periode puncak anak dalam belajar kepribadian,merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan nilai-nilai moderasi kepada seorang anak.Tujuan Jurnal ini untuk mengetahui tentang sikap toleransi siswa, bagaimana mengembangkansifat toleransi siswa, dan mengimplementasikannya di SD. Jurnal ini menunjukkan bahwa sikap toleransi siswa sekolah dasar dapat diwujudkan melalui penanaman sikap toleransimelalui pengajaran yang diberikan oleh guru, kegiatan yang terintegrasi dalam prosespembelajaran guru, dan kegiatan ekstrakurikuler. Sikap toleran harus dikembangkan padasiswa sekolah dasar agar siswa dapat mengembangkan karakter yang positif, seperti belajarsaling menghargai dan menghormati perbedaan agama, ras, kebangsaan, budaya, bahasa atauhubungan antargolongan. Jurnal ini menerapkan metode pendekatan penelitian kepustakaankualitatif berdasarkan pengumpulan data pada pembacaan jurnal/artikel.References
Agus Budiman, O. H. (2022). Ancaman Intoleransi Terhadap Dasar Negara Pancasila Dan
Implikasinya Terhadap Ketahanan Ideologi Wilayah (Studi Di Kabupaten Tasikmalaya,
Jawa Barat, Periode 2019-2020).
Asiyah, A., Kurniawan, D., & Topano, A. (2021). Peran Pendidikan Dalam Menjaga Toleransi
Antar Umat Beragama Di Kabup
Juliati, W. H. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Untuk Meningkatkan
Kesadaran Hidup Lebih Baik Di Era Global. Jurnal Civic: Media Kajian
Kewarganegaraan, 29-38.
Jurnal Ketahanan Nasional, 372-391. artikelpendidikan.id. (2023). Pendidikan
Kewarganegaraan: Menggali Kebangsaan Dan Tanggung Jawab Sosial. Artikel
Pendidikan.
Karolina, A. I., & Rustiyarso, R. (2015). Peran Sekolah Dalam Membangun Sikap Toleransi
Beragama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).
Muawanah, M. (2018). Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleran Di Masyarakat.
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis, 5(1).
Nuryadin, R. (2022). Urgensi Dan Metode Pendidikan Toleransi Beragama. Progress, 10(1),
-399.
Situmeang, T. A., Sintania, L. S., Lase, M., & Yunita, S. (2023). Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan sebagai Optimalisasi dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa.
Journal on Education, 5(4), 16622-16629.
SMP. (2021, maret 1). Indahnya Keberagaman Dan Pentingny Toleransi Di Indonesia.
Retrieved from Kemendikbud: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/indahnyakeberagaman-danpentingnya-toleransi-di-indonesia/
Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi
antar siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2(1), 192-203.
Tamaeka, V. (2022). Penanaman Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah
Dasar. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 14(1), 14-22.
Trisnaningtyas, F., & Jafar, N. A. (2021). Urgensi Pendidikan Toleransi Antar Umat Beragama
Dalam Masyarakat (Studi di Desa Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo).
Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 22(2), 53-63.
Wardah, F. (2018, 11 22). Ajaran Gus Dur Mengenai Toleransi Melekat. Retrieved from VOA:
https://www.voaindonesia.com/a/ajaran-gus-dur-mengenai-toleransimelekat/4670672.htm









