PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 173141 HUTARAJA

Authors

  • Nani Pasaribu Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Anggio Linnando Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v8i2.5426

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Model PBL

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 173141 Hutaraja sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran dalam proses belajar diruang kelas yaitu model Problem Based Learning (PBL), serta menganalisis pengaruh/dampak signifikansi dari model tersebut terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan desain proses penelitian pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri atas 22 siswa, dan alat pengumpil data yang digunakan adalah soal/tes pilihan ganda sebanyak 20 soal pada materi pesawat sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa adalah 58,18 dan meningkat menjadi 78,64 pada posttest. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model PBL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa. Model ini efektif dalam mendorong keterlibatan aktif siswa, memperkuat pemahaman konsep, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, model PBL layak digunakan dalam pembelajaran yang dapat menjadikan hasil belajar IPA meningkat.

References

Adib Fadhilah Naufal, Gun Gun Gumilar, Rachmat Ramdani. (2023). Efektivitas Pelatihan Aparatur Untuk Pembangunan Di Desa Cibadak Kabupaten Karawang. Jurnal DIMENSI Vol. 12 (1), 70-80.

https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/4727

Heldy Vanni Alam. (2017). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR DESA.

Gorontalo, Ideas Publishing.

Nabila Putri Ramadhani, Dyah Lituhayu dan Nina Widowati. (2024). Analisis Kinerja Aparatur Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa pada Kantor Desa Sumberjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Adsministrasi Publik, Vol 1 (3), 18-33. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/nova_idea/article/view/48389/0

Noferius Giawa, Yoel Melsaro Larosa, Delipiter Lase, Syah Abadi Mendrofa. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PERANGKAT DESA ORSEDES KECAMATAN BORONADU KABUPATEN

NIAS SELATAN. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 11 (4), 506-515.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/51489

Rahyunir Rauf dan Sri Maulidiah. (2020). PEMERINTAHAN DESA. Yogyakarta, Penerbit: Nusa media

Ridho Hardi Putra Harefa, Peringatan Harefa, Eliyunus Waruwu dan Ayler Beniah Ndraha. (2024). Analisis Peran Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Fodo Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), Vol.5 (4), 1364-1376.

https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/2232

Rudy. (2022). BUKU AJAR HUKUM PEMERINTAHAN DESA. Bandar Lampung, Penerbit: AURA

Sri Utami dan Wisudani Rahmaningtyas. (2025). Analisis Kinerja Perangkat Desa dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Studi Kasus di Kantor Desa Gagakan. Journal of Mandalika Literature, Vol. 6 (3). https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jml/article/view/4812/3725

Subarling, Andi Rasyid Pananrangi dan Syamsul Bahri. (2021). KINERJA APARATUR DALAM PELAYANAN PUBLIK. Gowa Penerbit: Pusaka Almaida.

Tahir, I.M. (2022). Keefektifan Organisasi Pemerintah Desa dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Sokoharjo, Penerbit: Epigraf Komunikata Prima

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Pasaribu, N., & Linnando, A. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 173141 HUTARAJA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 8(2), 433–443. https://doi.org/10.54367/aquinas.v8i2.5426

Issue

Section

Artikel