PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 060915 JL TB SIMATUPANG KECAMATAN MEDAN SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Authors

  • WENY GLORY HIDAYATI HALAWA FKIP Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i2.558

Keywords:

cooperative learning type make a match, learning outcomes

Abstract

The purpose of this research is to know the effect of make amatch type learning to student learning outcome in mathematics in subject at the fifth grade student of SD 060915. The method of this research was a quasi-experimental research with pretest posttest control group design. The experiment sample was 30 students that used make amatch cooperative learning method. The control sample was 30 students that used speech method. The instruments of this research wasobjective learning outcomes test with 15 questions.The technique of analysis data was t-test. Based on the calculation, t-score showed that t-count was 2,127 and t-table was 1,672 at the significance level of 5% which means t-count > t-table (2,127>1,672), so Ho was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that cooperative learning make a match type has positive influence to student learning outcome in mathematics in subject at the fifth grade student of SD 060915 in addition and subtraction of ordinary fragment and mixed fragment concept.

References

Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2015. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Herman. 2016. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Heruman. 2017. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul.2017. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yoyakarta:Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Istirani dan Pulungan Intan. 2017. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani). 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesioanal Guru. Kata Pena.

Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rahmawati, Shanti Eka. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. (online) Dalam URL:http://digilib.unila.ac.id/27728/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf (diakses pada 22 Januari 2019, pukul 14.00 WIB).

Rasyidin, Al dan Wahyuddin Nur Nasution. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana.

Riantika, Feti. 2016. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Metro Selatan.(online) Dalam URL:http://digilib.unila.ac.id/23875/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf (diakses pada 22 Januari 2019, pukul 14.00 WIB).

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2017. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.

Sumiati dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. 2018. Psikologi Belajar. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-11-05

How to Cite

HALAWA, W. G. H. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 060915 JL TB SIMATUPANG KECAMATAN MEDAN SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 375–397. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i2.558

Issue

Section

Artikel