Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.712Keywords:
kemampuan berpikir kritis, matematika, quantum teachingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penerapan model quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan non- equivalent control grup design. Populasi penelitian berjumlah 52 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan soal tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan Fhitung>Ftabel dan thitung > ttabel serta terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori “Sedangâ€.References
Azizah dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 35 (1): 61-70.
Poter, dkk. 2014. Quantun Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruangruang Kelas. Kaifa, Bandung.
Rosyida, dkk. 2016. Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concepy Map Timed Pair Share). 13(1): 209-214.
Shanti, dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing. LITERASI. 8 (1): 49-59.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Supramono, Agus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan. 4 (2): 78-86.
Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovasi Konteporer. Bumi Aksara, Jakarta.