Perbedaan Model pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan

Authors

  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas
  • IIN PARIDA TAMBA Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.765

Keywords:

Model Mind Mapping, Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Mind Mapping dengan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda SD Negeri 068003 Medan. Populasi terdiri dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 372 siswa. Sampel diambil secara sampling purposive (sampel bertujuan) sebanyak 58 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model eksperimen one group pretest-postest design yaitu dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan postest setelah diberi perlakuan. Model dalam penelitian ini menggunakan eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok yaitu eksperimen I dan eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tespilihan berganda dalam materi perubahan wujud benda.Berdasarkan pengolahan data secara statistik pada kelompok I diperoleh hasil rata-rata 66,72 standar deviasi 14,21 dan standar eror 2,68 dari jumlah 29 siswa. Untuk kelompok eksperimen II diperoleh hasil rata-rata 84,31standar deviasi11,57 dan standar error 2,18 darijumlah 29 siswa. Dengan menggunakan uji “tâ€, diperoleh nilai thitung sebesar 5,119. Jika nilai itu dikonsultasikan dengan nilai ttabel padaderajat kebebasan (degree of freedom) = 58  dimana thitung>ttabel yaitu 5,119 > 2,001 (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Itu berarti ada perbedaan antara model pembelajaran Mind Mapping denganPBL. Jadi dapat disimpulkan bahwa model PBL lebih baik dibandingkan dengan model Mind Mapping pada materi perubahan wujud benda terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 068003 Medan.

Author Biography

Dewi Anzelina, Universitas Katolik Santo Thomas

Asisten Ahli, Penata Muda III B

References

Adiyatmaningsih, N Pt Harini dkk. 2014. Berjudul Model Pembelajaran Berbasis

Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa Kelas V Sd Gugus III Gianyar.Jurnal pdf

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013.

Jakarta :Prestasi Pustaka.

Arikunto,Suharsimi.2017.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chandramica, FriezsyaPuti. 2017. Berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran

Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2

Gunung Terang Bandar lampung. Skripsi PDF Universitas Lampung

Dymiati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : PT RinekaCipta.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Haryanto.2012. Sains untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Erlangga

Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Istarani dan Pulungan Intan . 2016. Ensiklopedia Pendidikan. Medan : Larispa

Kurniasih, Imas dan Sani Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.

Yogyakarta: Kata Pena

Lubis, Asnarni. 2015. Statistik SPSS IBM 22. Medan

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta

Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Aswaja Pressindo

Nurhayat. 2016. Perbandingan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Think

Pair Share terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 10 Metro Pusat.

PGSD FKIP Universitas Lampung.

Prihatnani Erlina Dan Pradipta Dany Kurniawan. 2017. Perbandingan Hasil Belajar

Dari Penerapan Metode Mind Mapping Dan Problem Based Learning Berbantu

Media Audiovisual Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Gajah

Mada Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.PGSD FKIP

Universitas Kristen Satya Wacana

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta : Pustaka Pelajar

Sanjaya,Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Saputri, Ristia Puji. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning

Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri

Labuhan Ratu Bandar Lampung. Skripsi PDF Universitas Lampung.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta :

Kencana

Shoimin, Aris. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:

ArRuzz Media.

Suarjana MD, Pd Md Hendra Kesuma, I Md Tegeh. 2017. Pengaruh Model Problem

Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas V. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo

Persada

Sudjana. 2016. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Tampubolon,Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga

Wisudawati, Widi, Asih dan Sulistyowati Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA.

Jakarta: PT Bumi Aksara

Published

2020-07-06

How to Cite

Anzelina, D., & TAMBA, I. P. (2020). Perbedaan Model pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 249–265. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.765

Issue

Section

Artikel