Perbedaan Model pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.765Keywords:
Model Mind Mapping, Model Problem Based Learning dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Mind Mapping dengan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda SD Negeri 068003 Medan. Populasi terdiri dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 372 siswa. Sampel diambil secara sampling purposive (sampel bertujuan) sebanyak 58 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model eksperimen one group pretest-postest design yaitu dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan postest setelah diberi perlakuan. Model dalam penelitian ini menggunakan eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok yaitu eksperimen I dan eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tespilihan berganda dalam materi perubahan wujud benda.Berdasarkan pengolahan data secara statistik pada kelompok I diperoleh hasil rata-rata 66,72 standar deviasi 14,21 dan standar eror 2,68 dari jumlah 29 siswa. Untuk kelompok eksperimen II diperoleh hasil rata-rata 84,31standar deviasi11,57 dan standar error 2,18 darijumlah 29 siswa. Dengan menggunakan uji “tâ€, diperoleh nilai thitung sebesar 5,119. Jika nilai itu dikonsultasikan dengan nilai ttabel padaderajat kebebasan (degree of freedom) = 58 dimana thitung>ttabel yaitu 5,119 > 2,001 (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Itu berarti ada perbedaan antara model pembelajaran Mind Mapping denganPBL. Jadi dapat disimpulkan bahwa model PBL lebih baik dibandingkan dengan model Mind Mapping pada materi perubahan wujud benda terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 068003 Medan.References
Adiyatmaningsih, N Pt Harini dkk. 2014. Berjudul Model Pembelajaran Berbasis
Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas V Sd Gugus III Gianyar.Jurnal pdf
Amri, Sofan. 2016. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013.
Jakarta :Prestasi Pustaka.
Arikunto,Suharsimi.2017.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Chandramica, FriezsyaPuti. 2017. Berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2
Gunung Terang Bandar lampung. Skripsi PDF Universitas Lampung
Dymiati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : PT RinekaCipta.
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Haryanto.2012. Sains untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Erlangga
Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Istarani dan Pulungan Intan . 2016. Ensiklopedia Pendidikan. Medan : Larispa
Kurniasih, Imas dan Sani Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.
Yogyakarta: Kata Pena
Lubis, Asnarni. 2015. Statistik SPSS IBM 22. Medan
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta
Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Aswaja Pressindo
Nurhayat. 2016. Perbandingan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Think
Pair Share terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 10 Metro Pusat.
PGSD FKIP Universitas Lampung.
Prihatnani Erlina Dan Pradipta Dany Kurniawan. 2017. Perbandingan Hasil Belajar
Dari Penerapan Metode Mind Mapping Dan Problem Based Learning Berbantu
Media Audiovisual Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Gajah
Mada Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.PGSD FKIP
Universitas Kristen Satya Wacana
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta : Pustaka Pelajar
Sanjaya,Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Saputri, Ristia Puji. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri
Labuhan Ratu Bandar Lampung. Skripsi PDF Universitas Lampung.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta :
Kencana
Shoimin, Aris. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:
ArRuzz Media.
Suarjana MD, Pd Md Hendra Kesuma, I Md Tegeh. 2017. Pengaruh Model Problem
Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Kelas V. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo
Persada
Sudjana. 2016. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Tampubolon,Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga
Wisudawati, Widi, Asih dan Sulistyowati Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA.
Jakarta: PT Bumi Aksara