ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUA (TWO TIER DIAGNOSTIC TEST) DI KELAS IV SD 08 ENAM LINGKUNG
DOI:
https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.981Keywords:
MISKONSEPSI, TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUAAbstract
PEMBELAJARAN Ipa MEMBUTUKAN PENGUASAAN UNTUK MEMBENTUK PEMAHAMAN SISWA. MISKONSEPSI MERUPAKAN MASALAH UTAMA DALAM PEMBELAJARAN IPA KARENA MISKONSEPSI YANG MUNCUL PADA SISWA TERUS MENERUS DAPAT MENGGANGGU PEMBENTUKAN KONSEPSI ILMIAH DAN MISKONSEPSI JUGA MERUPAKAN SUMBER KESULITAN SISWA. SALAH SATU INSTRUMEN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDIAGNOSA MISKONSEPSI SISWA YAITU MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK BERTINGKAT DUA YANG MERUPAKAN TES PILILHAN BERGANDA TERDIRI DARI PERTANYAAN, PILIHAN JAWABAN DAN PILIAN ALASAN. SEHINGGA DIHASILKAN TIGA KATEGORI DUIANTARANYA SISWA PAHAM, MISKONSEPSI, DAN TIDAK PAHAM.References
Dani, Singgih. 2014. Miskonsepsi tentang fotosintesis pada siswa kelas V SDN 4 Trebungan Situbondo Tahun pelajaran 2013/2014,. , (ningsihagustin83@gmail.com) , diakses tahun 2014).
Suparno. 2005. Identifikasi miskonsepsi siswa pada konsep archaebacteria dan eubecteria menggunakan two-tier multiple choice , Vol. VI No. 02, (dwiseptisepti@gmail.com), diakses tahun 2014).
Singarimbun,dkk. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES
Dahar . 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga
Abdurrahman. 2003 . Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Klausmeier, Dahar . 2001. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga
Jhon M. Echols, dkk .1996. An English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Gramedia
Hasan Alwi,dkk . 2007 . Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Paul Suparno . 2005 . Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo
Salisbury. 2005 . Perkembangan tumbuhan dan fisiologi lingkungan. Bandung:ITB Press
Agustriani, dkk . 2006 . Fisiologi Tumbuhan I. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Syamsuri . 2006 . Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Odum . 1993 . Dasar-dasar Ekologi. Yogyakarta: University Press
Anna Roosyanti. 2017. Identifikasi Miskonsepsi konsep fotosintesis melalui Two-Tier Diagnostic Test, Vol. 2, No. 2, (a.roosyanti@gmail.com diakses tahun 2017)
(Karmila Br Karo. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas viii SMP Nnegeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 2018/2019 (jurnal ilmiah aquinas p-issn: 2615-7683 e-issn: 2714-6472 volume: iii no. 2 juli 2020) Diakses 4 Desember 2020.