https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/issue/feed Jurnal Ilmiah Aquinas 2024-08-26T07:28:19+02:00 Reflina Sinaga, S.Pd.,M.Pd jurnal.aquinas@gmail.com Open Journal Systems <p>Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 4 (empat) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Februari, April, Juli, dan November setiap tahunnya</p> https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3752 PENERAPAN MODEL CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 060866 2024-06-04T16:05:12+02:00 Tiara Siska tiarasiska53@gmail.com Chairunnisa Amelia chairunnisaamelia@umsu.ac.id Ayati Ayati ayatinay@gmail.com <p>Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana pada 1 siklus terdiri atas 1 pembelajaran. Pada pelaksanaan penelitian siklus 1 meliputi siklus yang terdiri atas empat langkah, yakni: 1) perencanaan (planning), 2) aksi atau tindakan (acting), 3) observasi (observation), 4) refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti beserta guru berkolaborasi dalam merancang pembelajaran mulai dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menggunakan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks non fiksi. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 060866 pada pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum menerapkan model CIRC yang tergolong tinggi pada interval 100-80 sebanyak 8 orang, tergolong sedang pada interval 79-65 sebanyak 9 orang dan tergolong rendah pada interval 64-40 sebanyak 5 orang siswa dengan presentasi. Menurut hasil perhitungan, nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di SD Negeri 023891 adalah 72 yang termasuk dalam kategori baik.</p> 2024-07-20T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3982 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-08-04T14:28:11+02:00 Anita Lumbanraja anitalumbanraja123@gmail.com Bogor Lumbanraja bogorlumbanraja@gmail.com Ribka Kariani Sembiring claudia.ginting19@gmail.com Regina Fredrika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com <p>Penelitian ini dirangcang untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tahun Pembelajaran 2022/2023 di SD Negeri 2 Harian, SD Negeri 13 Tambun Sungkean. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 33 siswa berdasarkan teknik sampel total sampling. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata 80.15 dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata 60.45. </p> 2024-07-20T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3923 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 067093 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-16T18:26:32+02:00 Indah Laeni Lumbanbatu indahlaenil001@gmail.com Fiber Yun Almanda Ginting fiberginting1988@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Reflina Sinaga reflinasinaga@ust.ac.id Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 067093 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrument tes sebanyak 26 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik <em>purposive sample. </em>Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 56,06. Dan hasil dari posttest tersebut memiliki peningkatan dari pretest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 80,03</p> 2024-07-20T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4028 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD UPTD SDN 11 PEKAN TOLAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-08-19T06:39:06+02:00 Esvina Gloria Hutabarat esvinahutabarat6@gmail.com Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com Juliana Juliana anna.jait@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Dyan Wulan Sari HS yulianasimarmata01@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 11 Pekan Tolan. Metode penelitian ini adalah Eksperimen pre-eksperimental Design dengan memberikan pretest, posttest dan angket. Hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90,98 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw termasuk dalam kategori gagal dengan nilai rata-rata 45,95. &nbsp;Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan uji t yaitu diperoleh nilai Thitung = 24,35 (dibulatkan) &nbsp;dan Ttabel = 2,05 (dibulatkan) maka nilai Thitung &gt; Ttabel atau 24,35 &gt; 2,05. Sehingga diterima H1 atau ada Pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD UPTD SDN 11 Pekan Tolan Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3993 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-08-09T15:25:22+02:00 Anaria Daeli nenisuantidaeli@gmail.com Regina Fredrika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com Patri Janson Silaban patri.jason.silaban@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh <em>Problem Based Learning (PBL)</em> terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan desain penelitian menggunakan <em>Pre Experimen</em> tepatnya <em>One Group Pretest Posttest Design</em>, sampel penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 066650 Medan Kota yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan sampel yang dilakukan dalm penelitian ini adalah dengan cara <em>Sample Purposive</em> yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menggunakan nilai pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest lebih baik dari nilai pretest yaitu 89,4 dan 70,66</p> 2024-09-11T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3985 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 101905 PASAR MELINTANG KECAMATAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-08-05T07:39:10+02:00 Dosmaria Siahaan dosmariasiahaan6@gmail.com Reflina Sinaga reflinasinaga@ust.ac.id Anton Sitepu antonsitepu30@gmail.com Antonius Remigius Abi antonius_remigius@ust.ac.id Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Make A Match</em> terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 1019105 Pasar Melintang yang jumlahnya sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel <em>non probality jenis purposive samplin</em>g dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101905 Pasar Melintang yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan <em>Pretest </em>dengan nilai rata-rata 59,33 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe <em>Make A Match</em> menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,4 kategori baik</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3964 PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 101810 BIRU-BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-30T06:00:10+02:00 Windi Sari Br Sembiring windisarisari@gmail.com Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com Reflina Sinaga reflinasinaga@ust.ac.id Dyan Wulan Sari HS yulianasimarmata01@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis literasi sains terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa Kelas V SD Negeri 101810 Biru-biru tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 101810 Biru-biru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah metode eksperimen. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling total. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti ini melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 45. Hasil dari Posttest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pretest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 78,6 kategori baik</p> 2024-07-20T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3925 PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-16T18:44:27+02:00 Six Martawati Manullang manullangsixmartawati@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com Reflina Sinaga reflinasinaga05@gmail.com Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan membandingkan penerapan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran <em>project based learning</em> pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas IV. Model pembelajaran inkuiri pada kelas kontrol yaitu kelas IVB dengan jumlah 13 siswa, dan model pembelajaran <em>project based learning</em> diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas IVA dengan jumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experimental dan desain yang dipilih adalah <em>Nonequivalent control group design</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>project based learning</em> lebih tinggi di banding dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran <em>project based learning</em> memiliki rata-rata nilai <em>posttest</em> yang lebih tinggi yaitu berjumlah 81,23 dibanding siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri yang mempunyai jumlah rata-rata nilai <em>posttest </em>sebanyak 75,53.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: perbandingan, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran project based learning, hasil belajar</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3930 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-17T10:54:20+02:00 Nirolita F. Sinaga sinaganirolitaf@gmail.com Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com Refila Sinaga reflinasinaga05@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Reading And Composition </em>terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 067246 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini kelas V yang ada di SD Negeri 066650 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 61 siswa . Medan Kota yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling </em>sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mmengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan <em>pretest</em> dengan nilai rata-rata 64,25 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran <em>Cooperative Integrated Reading And Composition</em> menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamai peningkatan dengan nilai rata-rata 80,5 kategori baik</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3928 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE 2024-07-17T09:20:06+02:00 Indah Br Ginting agitaginting15@gmail.com Ribka Kariani Sembiring ribkakariani@gmail.com Patri Janson Silaban patri.jason.silaban@gmail.com Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com Anton Sitepu antonsitepu30@gmail.com <p>Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memadai ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa guru harus kreatif dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest-design Jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe termasuk kategori baik dengan rata- rata 76,6</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3962 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101837 SUKAMAKMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-28T15:40:12+02:00 Elfa Yolanda Br Gurusinga elfayolanda3@gmail.com Antonius Remigius Abi antonius_remigius@ust.ac.id Juliana Juliana anna.jait@gmail.com Regina Fredrika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Patri Janson Silaban patri.jason.silaban@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>problem solving </em>terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 101837 Sukamakmur tahun pembelajaram 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 101837 Sukamakmur yang dilihat dari hasil nilai ulangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah metode eksperimen. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>sampling </em>total. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian ini melakukan <em>Pretest </em>dengan nilai rata-rata 49,6. Hasil dari <em>Posttest </em>tersebut memiliki peningkatan dari hasil <em>Pretest </em>yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 75,17 kategori baik</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3927 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV UPTD SDN 122358 SIANTAR MARTOBA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-17T08:48:49+02:00 Resi Arnika Purba resipurba15@gmail.com Imelda Sihombing imelda@ust.ac.id Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Regina Fredrika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Patri Janson Silaban patri.jason.silaban@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV UPTD SD N 122358 Siantar Martoba Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah desain true ekesperimental yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design metode true eksperimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal uraian berisi 5 soal yang valid dan reliabel. Hasil penelitian uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov Test Dengan berbantuan aplikasi SPSS&nbsp; dan uji homogenitas dengan menggunakan uji lavene serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,196 dan ttabel sebesar 2,408 dengan taraf signifikan 0,05. Maka hal ini dinyatakan bahwa hasil penenlitian menunjjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IV. Oleh katena itu, model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV UPTD SD N 122358 Siantar Martoba Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3922 PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-16T18:01:12+02:00 Melyta Simbolon melytasbl@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com Dyan Wulan Sari HS yulianasimarmata01@gmail.com Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrument angket Kurikulum merdeka sebanyak 27 pernyataan, instrument angket motivasi belajar sebanyak 25 pernyataan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik <em>purposive sample</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dari pengaruh kurikulum merdeka termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 78,36 dengan hasil uji korelasi sebesar 0.613</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3915 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZITATITION, INTELECTUALLY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD NEGERI 067246 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-15T06:15:50+02:00 Eva Lasmawarni Sagala evasagala97@gmail.com Fiber Yun Almanda Ginting fiberginting1988@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Regina Fredrika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Juliana Juliana anna.jait@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI (<em>Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectualy</em>) terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan sampel <em>purposive</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI termasuk kedalam kategori baik dengan rata-rata 79,6 dan hasil uji normalitas 0,200 dengan hasil korelasi sebesar 0.838</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3914 PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA PRAJA MUDA KARANA DI SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-15T05:58:18+02:00 Santa Lusia Hasugian hasugiansantalusia@gmail.com Anton Sitepu antonsitepu30@gmail.com Rumiris Lumban Gaol rumiris20lumbangaol@gmail.com Antonius Remigius Abi antonius_remigius@ust.ac.id Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III &nbsp;Pada Tema Praja Muda Karana di UPT SD Negeri 068008 Damar, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik (X) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif&nbsp; dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 29 siswa berdasarkan teknik <em>sample random sampling</em>. Data pendekatan saintifik di dapat dari angket yang disebarkan kepada siswa dan hasil belajar siswa di dapat dari nilai <em>Pretest</em> dan <em>Posttest</em> siswa pada tahun pembelajaran 2023/2024.</p> <p>Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nlai rata-rata siswa kelas II <em>Pretest</em> sebesar 69,93 sedangkan nilai rata-rata <em>Posttest</em> sebesar 95,03. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan &nbsp;sebesar 3,300 sedangkan &nbsp;sebesar 2,045. Maka terbukti bahwa&nbsp; Ho ditolak dan Ha diterima. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas III Pada Tema Praja Muda Karana.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci: </em></strong><em>Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa</em></p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4059 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104243 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-08-26T07:28:19+02:00 Artha Sri Kartika Sianturi arthasrikartikasianturi@gmail.com Reflina Sinaga reflinasinaga05@gmail.com Ester Julinda Simarmata ejulinda@ymail.com Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com Juliana Juliana anna.jait@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Talking Stick </em> terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 104243 Lubuk Pakam. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel <em>non probality jenis purposive sampling </em>dengan sampel seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104243 Lubuk Pakam yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan <em>prestest</em> dengan nilai rata-rata 59,93 kategori tidak baik. Setelah penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Talking Stick</em> menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan terhadap <em>posttest</em> dengan nilai rata-rata 82,93 kategori baik. Tingkatan keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji korelasi yang diperoleh sebesar 0,644</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4051 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-08-23T05:49:19+02:00 Jean Kristo Sembiring Sembrena jeasembiring18@gmail.com Bogor Lumbanraja bogorlumbanraja@gmail.com Heka Maya Sari BR Sembiring Heka_sembiring@ust.ac.id Reflina Sinaga reflinasinaga05@gmail.com Juliana Juliana anna.jait@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>pro</em><em>blem based learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 30 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 32 siswa berdasarkan teknik <em>purposive sampling</em>. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pre Test dengan nilai rata-rata 44,68 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siwa mencapai 81,96 kategori baik sekali.</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3967 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-31T06:12:34+02:00 Finela Sovia Pasaribu pfinela@gmail.com Regina Frederika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com Juliana Juliana anna.jait@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Contextual Teaching and Learning </em>terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III di SD Negeri 066650 Meda Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas III SD Negeri 066650 Medan Kota yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel <em>non probability </em>yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan <em>pretest</em> dengan nilai rata-rata 63,22 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran <em>Contextual Teaching and Learning </em>menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamai peningkatan dengan nilai rata-rata 80,51 kategori baik</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3965 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 155703 SIGOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 2024-07-31T05:00:02+02:00 Madianti Manalu madiantimanalu@gmail.com Regina Fredrika Sipayung sipayungregina1@gmail.com Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com Juliana Juliana anna.jait@gmail.com Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>student facilitator and explaining</em> terhadap hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 155703 Sigolang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa SD Negeri 155703 Sigolang yang terdiri 6 kelas dengan jumlah 164 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel non probability yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan <em>pretest</em> dengan nilai rata-rata 59,46 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran <em>student facilitator and explaining</em> menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80 kategori baik.</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3929 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA DI SD SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN 2024-07-17T09:34:43+02:00 Irene Fristda Marpaung irenefristdamarpaung@gmail.com Imelda Sihombing imelda@ust.ac.id Antonius Remigius Abi antonius_remigius@ust.ac.id Nova Florentina Ambarwati nova.fio82@gmail.com Irmina Pinem Irmina_pinem@uts.ac.id <p>Desain pembelajaran yang baik dengan fasilitas yang memadai di dukung kreatifitas guru akan membuat siswa lebih mudah mencapai target belajar. Untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa, guru hasrus professional dan kreatif dalam menggunakan model pembelajaran yang kreatif sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SD Swasta Free Methodist 1 Medan yang dilihat dari hasil uji minites. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode <em>One Group Pretest-Posttest design</em> Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>purposive sampling. </em>Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VB yang berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>discovery learning</em> untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematis siswa kelas V SD Swasta Free Methodist 1 Medan termasuk kategori baik dengan rata-rata 86,22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien koerlasi sebesar 0,758 artinya 0,758 &nbsp;0,381 artinya Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran <em>discovery learing </em>untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematis siswa pada materi pengolahan dan pengumpulan data. Dapat juga dilihat hasil pengujian uji-t dimana &nbsp;yaitu 5,805 &nbsp;1,703&nbsp; sehingga menyatakan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran <em>discovery learning</em> untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematis siswa kelas V pada materi pengolahan dan penyajian data di SD Swasta Free Methodist 1 Medan.</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/3906 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 174563 LUMBAN SEWA 2024-07-12T12:11:39+02:00 Natali Pasaribu pasaribun683@gmail.com Ribka Kariani Sembiring claudia.ginting19@gmail.com Patri Janson Silaban patri.jason.silaban@gmail.com Antonius Remgius Abi antonius_remigius@ust.ac.id Irmina Pinem sipayungregina1@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperetaif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 174563 Lumbenasewa Tahun pembelajaran 2023/2024 yang terdiri 1 kelas dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel probability sampling yaitu simple Random Sampling dengan sampel sebanyak 31 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pretest dengan nilai rata-rata 59,74 kategori tidak baik. Setelah peneliti menggunakan model pembelajaran STAD menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,45 kategori baik</p> 2024-07-21T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024