https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/issue/feedJurnal Ilmiah Aquinas2025-06-25T15:46:41+02:00Reflina Sinaga, S.Pd.,M.Pd[email protected]Open Journal Systems<p>Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 4 (empat) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Februari, April, Juli, dan November setiap tahunnya</p>https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4966EVALUASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA DI UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI2025-06-25T15:20:40+02:00Tri Widia Astuti Tamba[email protected]Milda Vinna Br Payung[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga di Universitas Quality Berastagi. Kebugaran jasmani merupakan salah satu indikator penting dalam mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa dalam bidang kepelatihan, pembelajaran, dan aktivitas fisik lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei melalui tes kebugaran jasmani yang mengacu pada standar tes kebugaran Indonesia (TKJI) untuk usia 16–19 tahun yang disesuaikan dengan kondisi mahasiswa. Sampel penelitian terdiri dari 60 mahasiswa aktif yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berada pada kategori sedang (52%), sedangkan 28% berada pada kategori baik, 15% cukup, dan 5% kurang. Temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan program pembinaan kebugaran jasmani yang terstruktur dan berkelanjutan dalam lingkungan kampus guna mendukung performa akademik dan profesional mahasiswa di masa depan. Evaluasi ini juga memberikan dasar bagi pengembangan kurikulum praktikum dan kebijakan kampus sehat di Universitas Quality Berastagi.</p>2025-07-01T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4557PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 095552 Jl.ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/20242025-01-27T14:15:57+01:00Immanuel Stiven Hutauruk[email protected]Mangatur Gonzales Simbolon[email protected]Frendi Martuahman Damanik[email protected]<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 095552 Jl Asahan Km 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Sampel penelitian sebanyak 18 siswa, pada 1 kelas yaitu kelas IV. Pengumpulan data yang dipakai yaitu tes butir soal,. Analisis data yang digunakan menggunakan dengan cara uji N-Again. Berdasarkan kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 095552 Jl.Asahan Km 5 Tahun ajaran 2023/2024.</p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4216PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 060914 MEDAN SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2023/20242024-11-06T13:16:55+01:00Mita Kristina Sinaga[email protected]Antonius Remigius Abi[email protected]Nova Florentina Ambarwati[email protected]Darinda Sofia Tanjung[email protected]Ester Julinda Simarmata[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 060914 Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jumlah sampel penelitian ini adalah 26 siswa berdasarkan teknik <em>sampling</em> jenuh<em>. </em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa termasuk kategori baik dengan rata-rata 81,69. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat bahwa koefisien korelasi sebesar 0,734 artinya r<em><sub>hitung</sub></em> (0,734) r<em><sub>tabel</sub></em> (0,388) maka <em>h<sub>a</sub> </em>diterima. Maka terdapat pengaruh kuat antara model kolaboratif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 060914 Medan Sunggal. Dapat juga dilihat dari pengujian uji-t Dimana t<sub>hitung</sub> t<sub>tabel</sub> yaitu 5,269 2,056 sehingga menyatakan bahwa <em>h<sub>a</sub> </em>diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060914 Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4212PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SD NEGERI 104181 SUNGGAL KANAN2024-11-05T07:37:37+01:00Esvina Gloria Hutabarat[email protected]Ester Julinda Simarmata[email protected]Juliana Juliana[email protected]Rumiris Lumban Gaol[email protected]Dyan Wulan Sari HS[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V UPT SD Negeri 104181 Sunggal Kanan. Model pembelajaran ini menekankan kerja kelompok dan tanggung jawab individu dalam memecahkan masalah yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik nonprobability sampling. </p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4207PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI DI SD BUDI MULIA BINJOHARA KECAMATAN MANDUAMAS TAHUN PEMBELAJARAN 2024/20252024-11-04T04:37:03+01:00Wintri Sarty Sihotang[email protected]Darinda Sofia Tanjung[email protected]Ester Julinda Simarmata[email protected]Rumiris Lumban Gaol[email protected]Reflina Sinaga[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Di SD Budi Mulia Binjohara Kecamatan Manduamas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di SD Budi Mulia Binjohara Kecamatan Manduamas yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan instrumen tes pilihan berganda. Mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis kelas VI dengan instrument tes pilihan berganda menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 57,66 dan sesudah diberikan perlakukan dengan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (posttest) diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,83. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh kuat antara variabel X terhadap variabel Y dengan koevisien korelasi sebesar 0,778 dengan r<sub>tabel</sub> sebesar 0,361 maka Ha diterima. Selanjutnya pengujian hipotesise menunjukan dengan t<sub>hitung</sub> sebesar 6549 sedangakan t<sub>tabel </sub>2.042 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh antara model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas VI.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4189PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS V DI SDN 155712 TUMBA JAE 22024-10-29T09:06:09+01:00Chori Simbolon[email protected]Antonius Remigius Abi[email protected]Nova Florentina Ambarwati[email protected]Reflina Sinaga[email protected]Anton Sitepu[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat berpikir kreatif siswa mata pelajaran SBDP kelas V SD Negeri 155712 Tumba Jae 2 Tahun Pembelajaran2023/ 2024. (2) mengetahui proses pelaksanaan metode <em>Brainstorming</em> pada mata pelajaran SBDP kelas V di SD Negeri 155712 Tumba jae 2 Tahun Pembelaran 2023/ 2024. (3) Pengaruh metode <em>Brainstorming</em> terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran SBDP kelas V di SD Negeri 155712 Tumba jae 2 Tahun Pembelajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan instrumen tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 155712 Tumba Jae 2 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diberikan perlakuan (<em>Pretes</em>t) sebesar 59,6 dan sesudah diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran <em>Brainstorming</em> (<em>Posttest</em>) diperoleh rata rata sebesar 85,13.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh sangat kuat antara variabel X terhadap variabel Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,841 dengan r<sub>tabel</sub> (0,361) maka Ha diterima.selanjutnya penguji hipotesis menunjukkan dengan t<sub>hitung </sub>sebesar 8,215 sedangkan t<sub>tabel </sub>2,042 maka dapat dikatakan ada pengaruh metode pembelajaran SBDP terhadap kemampuan kreatif siswa dan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan, dengan demikian Ha diterima yaitu ada pengaruh antara metode pembelajaran SBDP dengan kemampuan kreatif siswa.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4188PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 013823 TELUK DALAM2024-10-29T08:49:27+01:00Jesika Margareta Angelina Tarigan[email protected]Rumiris Lumban Gaol[email protected]Reflina Sinaga[email protected]Juliana Juliana[email protected]Ester Julinda Simarmata[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 013823 Teluk Dalam. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kecerdasan emosional sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar variabel terikat (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik dari semua kelas V. Data motivasi belajar di dapat dari angket yang disebarkan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan statistic menunjukkan bahwa hasil uji normalitas pada taraf signifikan (lamda =0,05) dengan kriteria normal yaitu Lhitung>= Ltabel. Dari hasil hasil Kecerdasan emosional diperoleh nilai Lhitung lebih besar dari nilai L<sub>tabel</sub> dimana Lhitung 0,200 >= 0,161 L<sub>tabel</sub>, makakecerdasan emosional belajar berdistribusi normal. Dari hasil analisis dengan <em>SPSS ver 22 </em>diperoleh koefisien kolerasi sebesar 0,897 artinya rhitung >= rtabel, maka terdapat pengaruh Kecerdasan emosinal terhadap motivasi belajar peserta didik. Pada uji t yang dilakukan yaitu thitung >= ttabel dan hasil yang diperoleh 10,731 >= 2.0482 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 013823 Teluk Dalam Tahun Pembelajaran 2023/2024</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4154PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V 2024-10-01T13:03:06+02:00Elis Riyani[email protected]Marlina Eliyanti Simbolon[email protected]Aldi Nurhadiat Iskandar[email protected]<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Ciporang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah kelas VA 31 orang dan kelas VB sebanyak 32 orang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas, uji T, dan uji gain. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh thitung=2,1996 > ttabel= 1,9996 dan pada perhitungan gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata gain 0,64 denan kriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata gain 0,47 dengan kriteria sedang. Berdasarkan penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahawa terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Make a Match.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4119PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 101810 BIRU BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/20242024-09-17T16:49:12+02:00Emi Yani Br Ginting[email protected]Nova Florentina Ambarwati[email protected]Ester Julinda Simarmata[email protected]Bogor Lumbanraja[email protected]Irmina Pinem[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>Contextual Teaching and Learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru yang terlihat dari hasil nilai ulangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>sampling jenuh.</em> Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model <em>Contextual Teaching and Learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru dari pengujian koefisien korelasi sebesar (0,669 ) > (0,369) maka disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima. Dilihat dari hasil pengujian uji t dimana ( 4,315) > (1,714 ) maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara model <em>Contextual Teaching and Learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4070PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 097820 BAH JAMBI TAHUN AJARAN 2023/20242024-09-03T05:29:27+02:00Tiopanna Uli Siburian[email protected]Anton Sitepu[email protected]Heka Maya Sari BR Sembiring[email protected]Reflina Sinaga[email protected]Ester Julinda Simarmata[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Discovery Learning </em>terhadap hasil belajar siswa pada tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Di Bumi di kelas IV SD Negeri 097820 Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2023/2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> berbantuan media audio visual (X) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dan jumlah sampel penelitian ini adalah 25 siswa berdasarkan teknik <em>sampling</em> jenuh. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket, instrumen tes pilihan berganda. Hasil belajar siswa menunjukan rat-rata <em>pretest</em> 62,65 sedangkan nilai rata-rata <em>posttest </em>85,64 dan untuk kuesioner/angket siswa memperoleh nilai rata-rata 92,52. Selanjutnya penguji hipotesis menunjukan dengan t<sub>hitung</sub> sebesar 9,984 sedangkan t<sub>tabel</sub> 2,068 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara Model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> terhadap hasil belajar siswa.</p>2025-01-30T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4835PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN KIMIA LARUTAN DI SMA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA2025-05-24T03:28:39+02:00Eka Kartika Silalahi[email protected]Dedi Holden Simbolon[email protected]<p>This study aims to analyze the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model integrated with Guided Inquiry in improving students' chemistry learning outcomes on the topic of solutions among 11th-grade senior high school students. The research was motivated by the low conceptual understanding and critical thinking skills among students, often attributed to the predominance of conventional teaching methods. A quantitative approach with a quasi-experimental design, specifically the non-equivalent control group design, was employed. The participants included two randomly selected classes from SMA Negeri 2 Pematang Siantar: one experimental class (n = 34) and one control class (n = 34). A learning achievement test was used as the main instrument, comprising pre-test and post-test items. The results showed that both groups experienced learning gains; however, the experimental class demonstrated a significantly higher gain score of 0.71 (high category), while the control class achieved a gain score of 0.58 (moderate category). An independent samples t-test revealed a significant difference between the two groups (p = 0.000 < 0.05), indicating that the integrated PBL and guided inquiry model had a substantial impact on students' learning outcomes. These findings suggest that the implementation of PBL integrated with guided inquiry is an effective pedagogical approach to enhance conceptual mastery and should be considered in the teaching of complex chemistry topics.</p>2025-05-26T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4834PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAINE (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD ADVENT 3 MEDAN2025-05-24T03:24:48+02:00Dedi Holden Simbolon[email protected]Doni Douglas Tambunan[email protected]Iganus Umangge[email protected]<p>This study aims to examine the effect of the Predict-Observe-Explain (POE) learning model on science learning outcomes of students at SD Advent 3 Medan. The research employed a quantitative approach using a quasi-experimental one-group pretest-posttest design. The sample consisted of 37 students selected through total sampling. The research instrument was a multiple-choice test comprising 25 questions, which had been previously validated and tested for reliability. Data analysis showed a significant improvement in students’ learning outcomes after the implementation of the POE model, with the average pretest score increasing from 28.00 to 57.41 in the posttest. A paired sample t-test yielded a significance value (p) of 0.000 (p < 0.05), indicating a statistically significant difference between pretest and posttest scores. The normalized gain score of 0.40 suggests a moderate level of effectiveness. These findings demonstrate that the POE model is effective in enhancing science learning outcomes and aligns with active, constructivist learning principles, supporting the “Merdeka Belajar” (Independent Learning) policy framework in Indonesia.</p>2025-05-26T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4965HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK HARIAN DENGAN TINGKAT KEBUGARAN MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI2025-06-25T15:07:47+02:00Milda Vinna Br Payung[email protected]Joen Parningotan Purba[email protected]Tri Widia Astuti Tamba[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik harian dengan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Aktivitas fisik harian diukur menggunakan instrumen International Physical Activity Questionnaire (IPAQ), sedangkan kebugaran jasmani diukur menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa semester IV yang dipilih secara purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik harian dan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa (r = 0,62; p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas dan frekuensi aktivitas fisik harian, maka semakin baik tingkat kebugaran jasmani mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya integrasi kegiatan fisik terstruktur dalam rutinitas harian mahasiswa untuk meningkatkan kebugaran secara optimal.</p>2025-07-01T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4967PERANAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KERJA SAMA DAN KEDISIPLINAN MAHASISWA PGSD2025-06-25T15:46:41+02:00Corry Restuina[email protected]<p>Pembelajaran abad ke-21 menuntut guru untuk kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, tetapi juga membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan permainan gobak sodor dalam upaya membentuk karakter kerja sama dan kedisiplinan mahasiswa khususnya mahasiswa prodi PGSD. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan mengamati dan menggali informasi langsung di lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara terstruktur. Lokasi penelitian di Universitas Quality Medan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa di lokasi tersebut masih belum memanfaatkan permainan tradisional secara optimal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tahap-tahap penelitian secara garis besar dibagi kedalam tiga bagian, yaitu; 1) Tahapan persiapan/pra-lapangan, 2) Tahapan pekerjaan lapangan, dan 3) Tahapan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan :1) Saat ini permainan modern lebih banyak digunakan dibandingkan dengan permainan tradisional. 2) Permainan Gobak Sodor sebagai salah satu permainan tradisional dari D.I Yogyakarta ini telah berhasil menjadi salah satu media membentuk karakter kedisiplinan mahasiswa.</p>2025-07-01T00:00:00+02:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4580HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 101821 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/20232025-02-01T05:34:19+01:00Fetra Elisabeth Sitohang[email protected]Reflina Sinaga[email protected]Dewi Anzelina[email protected]Darinda Sofia Tanjung[email protected]Antonius Remigius Abi[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD NEGERI 101821 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kausal comperative yang bersifat <em>Ex Post Facto</em> dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Untuk menguji kualitas instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan spss versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,834 yang artinya r<sub>hitung </sub>(0,834) >= rtabel(0,361), maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SD Negeri 101821 Pancur Batu Tahun pembelajaran 2022/2023.</p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025