https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/issue/feedJurnal Ilmiah Aquinas2025-02-02T14:56:34+01:00Reflina Sinaga, S.Pd.,M.Pdjurnal.aquinas@gmail.comOpen Journal Systems<p>Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 4 (empat) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Februari, April, Juli, dan November setiap tahunnya</p>https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4580HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 101821 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2022/20232025-02-01T05:34:19+01:00Fetra Elisabeth Sitohangreflinasinaga2905@gmail.comReflina Sinagareflinasinaga05@gmail.comDewi Anzelinadewi_anzelina@ust.ac.idDarinda Sofia Tanjungfetrasitohang1403@gmail.comAntonius Remigius Abiantonius_remigius@ust.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD NEGERI 101821 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kausal comperative yang bersifat <em>Ex Post Facto</em> dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Untuk menguji kualitas instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan spss versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,834 yang artinya r<sub>hitung </sub>(0,834) >= rtabel(0,361), maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SD Negeri 101821 Pancur Batu Tahun pembelajaran 2022/2023.</p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4557PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 095552 Jl.ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/20242025-01-27T14:15:57+01:00Immanuel Stiven Hutaurukimmanuelhutauruk29@gmail.comMangatur Gonzales Simbolonsimbolonmangatur8@gmail.comFrendi Martuahman Damanikfrendimartuahman@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 095552 Jl Asahan Km 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Sampel penelitian sebanyak 18 siswa, pada 1 kelas yaitu kelas IV. Pengumpulan data yang dipakai yaitu tes butir soal,. Analisis data yang digunakan menggunakan dengan cara uji N-Again. Berdasarkan kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 095552 Jl.Asahan Km 5 Tahun ajaran 2023/2024.</p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4216PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 060914 MEDAN SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2023/20242024-11-06T13:16:55+01:00Mita Kristina Sinagamitakristinasinaga@gmail.comAntonius Remigius Abiantonius_remigius@ust.ac.idNova Florentina Ambarwatinova.fio82@gmail.comDarinda Sofia Tanjungfetrasitohang1403@gmail.comEster Julinda Simarmataejulinda@ymail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 060914 Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jumlah sampel penelitian ini adalah 26 siswa berdasarkan teknik <em>sampling</em> jenuh<em>. </em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa termasuk kategori baik dengan rata-rata 81,69. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat bahwa koefisien korelasi sebesar 0,734 artinya r<em><sub>hitung</sub></em> (0,734) r<em><sub>tabel</sub></em> (0,388) maka <em>h<sub>a</sub> </em>diterima. Maka terdapat pengaruh kuat antara model kolaboratif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 060914 Medan Sunggal. Dapat juga dilihat dari pengujian uji-t Dimana t<sub>hitung</sub> t<sub>tabel</sub> yaitu 5,269 2,056 sehingga menyatakan bahwa <em>h<sub>a</sub> </em>diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060914 Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4212PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SD NEGERI 104181 SUNGGAL KANAN2024-11-05T07:37:37+01:00Esvina Gloria Hutabaratesvinahutabarat6@gmail.comEster Julinda Simarmataejulinda@ymail.comJuliana Julianaanna.jait@gmail.comRumiris Lumban Gaolrumiris20lumbangaol@gmail.comDyan Wulan Sari HSyulianasimarmata01@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V UPT SD Negeri 104181 Sunggal Kanan. Model pembelajaran ini menekankan kerja kelompok dan tanggung jawab individu dalam memecahkan masalah yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik nonprobability sampling. </p>2025-01-28T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4207PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI DI SD BUDI MULIA BINJOHARA KECAMATAN MANDUAMAS TAHUN PEMBELAJARAN 2024/20252024-11-04T04:37:03+01:00Wintri Sarty Sihotangwintrisihotang@gmail.comDarinda Sofia Tanjungfetrasitohang1403@gmail.comEster Julinda Simarmataejulinda@ymail.comRumiris Lumban Gaolrumiris20lumbangaol@gmail.comReflina Sinagareflinasinaga05@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Di SD Budi Mulia Binjohara Kecamatan Manduamas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di SD Budi Mulia Binjohara Kecamatan Manduamas yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan instrumen tes pilihan berganda. Mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis kelas VI dengan instrument tes pilihan berganda menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 57,66 dan sesudah diberikan perlakukan dengan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (posttest) diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,83. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh kuat antara variabel X terhadap variabel Y dengan koevisien korelasi sebesar 0,778 dengan r<sub>tabel</sub> sebesar 0,361 maka Ha diterima. Selanjutnya pengujian hipotesise menunjukan dengan t<sub>hitung</sub> sebesar 6549 sedangakan t<sub>tabel </sub>2.042 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh antara model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas VI.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4189PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS V DI SDN 155712 TUMBA JAE 22024-10-29T09:06:09+01:00Chori Simbolonchorisimbolon02@gmail.comAntonius Remigius Abiantonius_remigius@ust.ac.idNova Florentina Ambarwatinova.fio82@gmail.comReflina Sinagareflinasinaga05@gmail.comAnton Sitepuantonsitepu30@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat berpikir kreatif siswa mata pelajaran SBDP kelas V SD Negeri 155712 Tumba Jae 2 Tahun Pembelajaran2023/ 2024. (2) mengetahui proses pelaksanaan metode <em>Brainstorming</em> pada mata pelajaran SBDP kelas V di SD Negeri 155712 Tumba jae 2 Tahun Pembelaran 2023/ 2024. (3) Pengaruh metode <em>Brainstorming</em> terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran SBDP kelas V di SD Negeri 155712 Tumba jae 2 Tahun Pembelajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan instrumen tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 155712 Tumba Jae 2 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diberikan perlakuan (<em>Pretes</em>t) sebesar 59,6 dan sesudah diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran <em>Brainstorming</em> (<em>Posttest</em>) diperoleh rata rata sebesar 85,13.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh sangat kuat antara variabel X terhadap variabel Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,841 dengan r<sub>tabel</sub> (0,361) maka Ha diterima.selanjutnya penguji hipotesis menunjukkan dengan t<sub>hitung </sub>sebesar 8,215 sedangkan t<sub>tabel </sub>2,042 maka dapat dikatakan ada pengaruh metode pembelajaran SBDP terhadap kemampuan kreatif siswa dan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan, dengan demikian Ha diterima yaitu ada pengaruh antara metode pembelajaran SBDP dengan kemampuan kreatif siswa.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4188PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 013823 TELUK DALAM2024-10-29T08:49:27+01:00Jesika Margareta Angelina Tariganjesikaangeli1@gmail.comRumiris Lumban Gaolrumiris20lumbangaol@gmail.comReflina Sinagareflinasinaga05@gmail.comJuliana Julianaanna.jait@gmail.comEster Julinda Simarmataejulinda@ymail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 013823 Teluk Dalam. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kecerdasan emosional sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar variabel terikat (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik dari semua kelas V. Data motivasi belajar di dapat dari angket yang disebarkan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan statistic menunjukkan bahwa hasil uji normalitas pada taraf signifikan (lamda =0,05) dengan kriteria normal yaitu Lhitung>= Ltabel. Dari hasil hasil Kecerdasan emosional diperoleh nilai Lhitung lebih besar dari nilai L<sub>tabel</sub> dimana Lhitung 0,200 >= 0,161 L<sub>tabel</sub>, makakecerdasan emosional belajar berdistribusi normal. Dari hasil analisis dengan <em>SPSS ver 22 </em>diperoleh koefisien kolerasi sebesar 0,897 artinya rhitung >= rtabel, maka terdapat pengaruh Kecerdasan emosinal terhadap motivasi belajar peserta didik. Pada uji t yang dilakukan yaitu thitung >= ttabel dan hasil yang diperoleh 10,731 >= 2.0482 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 013823 Teluk Dalam Tahun Pembelajaran 2023/2024</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4154PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V 2024-10-01T13:03:06+02:00Elis Riyanielisriyani01@gmail.comMarlina Eliyanti Simbolonmarlina@uniku.ic.idAldi Nurhadiat IskandarAldinurhadiat@uniku.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Ciporang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah kelas VA 31 orang dan kelas VB sebanyak 32 orang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas, uji T, dan uji gain. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh thitung=2,1996 > ttabel= 1,9996 dan pada perhitungan gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata gain 0,64 denan kriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata gain 0,47 dengan kriteria sedang. Berdasarkan penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahawa terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Make a Match.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4119PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD NEGERI 101810 BIRU BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/20242024-09-17T16:49:12+02:00Emi Yani Br Gintingemiyaniginting090802@gmail.comNova Florentina Ambarwatinova.fio82@gmail.comEster Julinda Simarmataejulinda@ymail.comBogor Lumbanrajabogorlumbanraja@gmail.comIrmina Pinemsipayungregina1@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>Contextual Teaching and Learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru yang terlihat dari hasil nilai ulangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>sampling jenuh.</em> Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model <em>Contextual Teaching and Learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru dari pengujian koefisien korelasi sebesar (0,669 ) > (0,369) maka disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima. Dilihat dari hasil pengujian uji t dimana ( 4,315) > (1,714 ) maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan antara model <em>Contextual Teaching and Learning</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi pelestarian makhluk hidup kelas IV SD Negeri 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p>2025-01-29T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/4070PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 097820 BAH JAMBI TAHUN AJARAN 2023/20242024-09-03T05:29:27+02:00Tiopanna Uli Siburiansiburiantiopanna@gmail.comAnton Sitepuantonsitepu30@gmail.comHeka Maya Sari BR SembiringHeka_sembiring@ust.ac.idReflina Sinagareflinasinaga05@gmail.comEster Julinda Simarmataejulinda@ymail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Discovery Learning </em>terhadap hasil belajar siswa pada tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Di Bumi di kelas IV SD Negeri 097820 Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2023/2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> berbantuan media audio visual (X) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dan jumlah sampel penelitian ini adalah 25 siswa berdasarkan teknik <em>sampling</em> jenuh. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket, instrumen tes pilihan berganda. Hasil belajar siswa menunjukan rat-rata <em>pretest</em> 62,65 sedangkan nilai rata-rata <em>posttest </em>85,64 dan untuk kuesioner/angket siswa memperoleh nilai rata-rata 92,52. Selanjutnya penguji hipotesis menunjukan dengan t<sub>hitung</sub> sebesar 9,984 sedangkan t<sub>tabel</sub> 2,068 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara Model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> terhadap hasil belajar siswa.</p>2025-01-30T00:00:00+01:00Copyright (c) 2025